oleh

Calon Relawan Demokrasi Mulai Tes

MARTAPURA – Untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu Legeslatif dan Pilpres 17 April mendatang di Bumi Sebiduk Sehaluan, KPUD OKU Timur merekrut Relawan Demokrasi. Untuk tahap pertama dilakukan tes wawancara terhadap calom Relawan Demokrasi pada Rabu (16/01) berlangsung di Kantor KPU OKU Timur.

Ketua KPUD OKU Timur Herman Jaya melalui Komisioner Devisi Sosialisasi Yuliansyah SE mengatakan, calon Relawan Demokrasi yang mendaftar sebanyak 65 orang. Namun yang diambil sebanyak 55 orang, tapi tentunya harus sesuai dengan persyaratan.

“Tugas untama Relawan Demokrasi untuk membantu KPU mensosialisasikan program-program KPU dalam mendukung kesuksesan Pemilu di daerah ini. Disamping itu juga untuk meningkatkan partisipasi pemiluh. Karena merupakan tanggungjawab kita bersama dalam menyukseskan Pemilu di daerah kita,” ujarnya.

Adapun materi tes wawancara yang dilakukan terhadap calon Relawan Demokrasi meliputi tentang kepribadian, pengetahuan tentang kepemiluan, pengetahuan umum dan lainnya.

“Setelah wawancara relawan yang terpilih nanti akan mengikuti bimbingan teknis (Bimtek). Setelah Bimtek barulah Relawan Demokrasi turun ke lapangan melakukan sosialisasi pemilu ke seluruh elemen masyarakat dan ini merupakan tugas utama tim Relawan Demokrasi,” jelasnya.

Sedangkan Kasubag Hukum KPU OKU Timur Irto Sunardi menambahkan, Relawan Demokrasi yang dibutuhkan sebanyak 55 orang yang terdiri dari berbagai basis kemasyarakatan, komunitas, untuk melakukan sosialisasi seperti ke pemilih pemula, pemilih wanita dan sebagainya. (awa/sg)

News Feed