oleh

Call Center Puskesmas Wajib Aktif 24 jam

PRABUMULIH – Untuk mendukung Program Public Safety Center (PSC) 119 dan pelayanan home care, call center puskesmas yang ada di Kota Prabumulih diwajibkan aktif selama 24 jam.

Hal itu sebagai upaya untuk mengimbangi, pelayanan PSC yang sudah aktif dan maksimal selama 24 jam untuk menerima panggilan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Call center Puskemas diwanti wajib aktif 24, kalau tidak aktif kita langsung tanyakan dengan pimpinan Puskesmas,” kata Kepala Dinas Kesehatan dr Happy Tedjo Sumali MPh melalui sekertaris dinas dr Hj Hesti Widyaningsih MM.

Dr Hesti menuturkan, pelayanan PSC dan home care saat ini sudah kian dikenal oleh masyarakat. Karena itu, diharapkan pelayanan tak ada kendala dilapangan. “PSC memang sudah ada dibeberapa kota, tapi yang langsung bersinergi dengan home care salah satunya sudah ada di Prabumulih untuk wilayah Sumsel,” terangnya.

Lebih jauh dia menuturkan, untuk panggilan yang masuk di PSC wajib dikroscek. Begitupun dengan panggilan yang hanya sekedar miss call. “Karena bisa jadi yang menelepon terkendala pulsa, sehingga PSC harus siap pulsa. Dan menghubungi nomor yang sudah masuk,” ucapnya.

Masih lanjut dia, untuk petugas PSC saat ini merupakan petugas yang sudah memiliki keahlian kegawatdaruratan. Sebab, untuk menjadi bagian dari PSC harus memiliki sertifikat kegawat daruratan. “Pegawai harus ada sertifikat itu, tanpa sertifikat itu tidak akan bisa menjadi petugas PSC,” tukasnya.

Sementara itu Kasi Pelayanan Kesehatan Rujukan Lasia Warni SKM MSi menambahkan PSC memiliki 14 petugas dilapangan. “Dengan 13 paramedis dan 1 tenaga medis, dan itu semua ada sertifikat gawat darurat,” katanya.(08)

Komentar

News Feed