oleh

Cabai Naik Lagi, Harga Sayuran Ikut Tinggi

-Ekonomi-96 views

PRABUMULIH – Sedikitnya persediaan cabe ditingkat petani, membuat harga cabai di Pasar Prabumulih kembali mengalami peningkatan. Saat ini setidaknya harga cabe rawit keriting dan cabe merah keriting mencapai angka Rp80.000 per kilogram dari harga sebelumnya RP60ribu.

Menurut Maryani, salah seorang pedagang cabe di Pasar, kenaikan harga tersebut juga dipengaruhi oleh banyaknya cabe lokal yang dikirim ke luar daerah seperti ke daerah Batam dan Bangka. Padahal beberapa waktu lalu sempat alami penurunan menjadi Rp60.000 per kilo namun saat ini kembali alami peningkatan Rp. 70.000 hingga Rp. 80.000 per kilogramnya.

“Kalau naik menjadi RP100 ribu itu di Prabumulih tidak pernah terjadi. Kalau di Palembang memang, saat ini harga cabe kisaran Rp. 75.000 hingga Rp80ribu. padahal dulu sudah pernah Rp. 60.000,” jelasnya.

Menurut ibu tiga anak ini, harga cabe saat ini terbilang stabil pada Harga Rp80 ribu per kilo, karena sejak beberapa minggu terakhir belum ada perubahan harga. Hari hari biasa, pengunjugn pasar juga tida terlalu ramai.

“Untuk jenis cabe kami menjual hingga 300 kilo per hari, namun di waktu seperti ini kita tidak begitu banyak penjualan. dari 300 kilo ada sisa kisaran 30 kg per hari. Itupun sudah menjajakan barang di pasar mulai dari subuh. Dini haru jualan di Jalan Sudirman setelah ada pengusiran, siang pindah ke Jalan M Yamin hingga sore hari,” bebernya.

Kenaikan harga juga diikuti oleh harga sayuran, beberapa jenis sayuran seperti terong, timun dan kacang panjang , grafiknya juga mengalami perubahan meski tidak begitu tinggi. Seperti terong saat ini Rp10 ribu per kilo padahal sebelumnya hanya Rp8 ribu, sedangkan timun dari sebelumnya Rp5.000 menjadi rp6.000 per kilogramnya.

“Entah kurang jelas apa penyebabnya, memang beberapa jenis sayuran alami perubahan harga. Kadang kadang kami hanya mendapatkan untung Rp500 perak untuk menghabiskan barang, karena pengunjung pasar sepi,” tambah Sari salah seorang pedagang Sayuran di pasar jalan M Yamin Kelurahan Pasar I Prabumulih Utara.(05)

Komentar

News Feed