oleh

Bulan Maret Jadwal AKM Tingkat SMP

PRABUMULIH– Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimal (AKM), di tingkat SMP di Kota Prabumulih, dijadwalkan bulan Maret 2021. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang pembinaan SMP, Nopri Adison SPd MSi saat dikonfirmasi koran ini, Rabu (13/1/2021).

“Jadwal yang sudah kita terima, pelaksanaan AKM, yang akan diikuti oleh siswa kelas 8, dijadwalkan pada bulan Maret mendatang,” jelasnya.

Menurut pria berkacamata ini, AKM akan akan diikuti oleh kelas 8 di seluruh SMP.  masing-masing sekolah hanya sebanyak 45 orang peserta, dan 5 orang peserta cadangan.

Namun, sampai saat ini pihaknya belum melaksanakan sosialisasi kepada sekolah di jenjang SMP terkait pelaksanaan kegiatan KKM.

“Di Kota Prabumulih ada beberapa guru yang sudah mengikuti sosialisasi AKM, yang dilaksanakan oleh pihak Kementerian. itupun virtual melalui Zoom meeting,”kata Nopri.

Meski rencana pelaksanaan AKM sudah terjadwal di tahun ini, namun pihaknya tetap mengumpulkan daftar peserta ujian siswa kelas 9 SMP. Hal ini merupakan langkah antisipasi jika suatu waktu ada yang bertanya maka pihaknya memiliki data dari sekolah.

“Selain untuk langkah antisipasi, kita juga perlu arsip.  Minimal kita memiliki data jumlah siswa kelas 9 tahun ini, yang akan melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi,”tandasnya.

Hal sama disampaikan oleh Kepsek SMPN 6 Prabumulih, melalui Waka Humasnya Ilham Syamsudin MPd. Menurutnya, mulai tahun ini siswa kelas sembilan tidak ada Ujian Nasional, karna diganti dengan Ujian Sekolah.

“AKM di SMP khusus untuk kelas delapan saja, itu pun tidak semua siswa kelas 8 yang ikut AKM, karna tujuannya bukan untuk nilai siswa secara individu, tapi pemetaan mutu sekolah”tambahnya.(05)

Komentar

News Feed