oleh

Bukan Hanya Sekadar Cetak Gol

-Olahraga-15 views

BARCELONA – Lionel Messi tidak lama lagi berpeluang mencatatkan tonggak baru dalam kariernya sebagai sepak bola bila berhasil mencetak gol ke-700. Namun, pelatih Barcelona Quique Setién mengatakan, Messi harus dinilai lebih dari sekadar kontribusinya menciptakan gol.

Pemain internasional Argentina itu hanya membutuhkan dua gol lagi untuk meraih 700 gol gabungan untuk klub dan negara setelah turut mencatatkan skor dalam kemenangan Barcelona 4-0 atas Mallorca pada Minggu (14/6/2020) lalu.

Messi memiliki kesempatan untuk menambah gol lagi menjelang pertandingan kandang melawan Leganes di balik pintu tertutup di Camp Nou, Rabu (17/6/2020) pukul 03.00 WIB.

Setién mengakui pencapaian sensasional Messi akan segera diraih. “Leo baik-baik saja. Anda tidak hanya harus menilai gol yang ia cetak, tetapi juga kontribusinya yang lain, seperti membantu. Itu memberi kami banyak poin,” katanya dikutip Radar Tasik dari Diario AS, Selasa (16/6/2020).

“Ini angka astronomi. Saya pikir dia mencapai 700 gol dan itulah sebabnya dia pemain terbaik di dunia,” tambah dia.

Setién sedang mempertimbangkan rotasi pemain untuk mengisi starting lineup menjelang laga melawan Leganes. Dia berusaha melindungi anak asuhnya dari cedera.

Antoine Griezmann masuk sejak babak pertama dalam pertandingan melawan Mallorca dan digantikan Luis Suárez pada menit ke-57 yang baru pulih dari cedera.

Dengan jadwal lain melawan Sevilla pada Sabtu (20/6/2020), Setién belum memutuskan apakah Suárez akan masuk sejak menit awal dalam laga melawan Leganes. “Saya belum memutuskan apakah Luis Suarez akan mulai besok, saya harus berbicara dengannya. Kami harus sangat berhati-hati, setelah cedera panjang masalah otot bisa mulai muncul. Kami harus berhati-hati,” tutur dia.

“Luis Suarez bisa menjadi salah satu pemain yang akan beristirahat besok atau di lain waktu. Untungnya, kami memiliki lebih banyak pemain. Kami memiliki tim untuk beradaptasi dengan keadaan,” kata dia.

“Griezmann tidak dapat disangkal, dia adalah pemain sepak bola yang hebat, kami terus mengandalkannya, dia akan terus memainkan peran utama karena dia penting bagi tim dan klub, tetapi ada juga pemain lain yang harus kami gunakan,” ujar dia.

Laga dini hari nanti akan menjadi yang pertama dimainkan Barca di kandang sendiri tanpa kehadiran penonton. Setién berharap tidak adanya penggemar tidak akan menghambat para pemimpin. “Kami lebih suka bermain dengan dukungan para penggemar kami besok, tetapi kami tahu itu tidak mungkin dan kami harus beradaptasi. Sepak bola kehilangan esensinya dengan bermain di lapangan kosong,” katanya.

“Saya harap kita tidak kehilangan intimidasi karena kita tidak memiliki penggemar. Faktor publik akan banyak membantu kita, saya berharap itu tidak terlalu menyakiti kita sekarang kita tidak akan membawa mereka bersama kita,” lanjutnya. (snd)

Komentar

News Feed