oleh

Buka Jalur PMPA dalam PPDB

-Pendidikan-28 views

PRABUMULIH – Meskipun dalam Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) tidak ada jalur tes dalam proses pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) tahun ajaran 2020-2021. Namun Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan membuka jalur tes Potensi Minat dan Prestasi Akademik (PMPA).

Terutama untuk tingkat SMA dan SMK se Sumatera Selatan, meskipun kuotanya lebih sedikti dari jalur zonasi, namunpeluang ini diharapkan dapat menjali solusi bagi calon siswa baru yang berkeinginan untuk masuk ke sekolah yang diinginkan.

Hal ini seperti dituturkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Drs Riza Pahlevi MM saat dikonfirmasi koran ini beberapa waktu lalu. Menurutnya jalur tes PMPA itu sangat penting dilakukan, karena  meberikan peluang para siswa berpestasi yang tidak terjaring dari jalur prestasi dan jalur zonasi.

“Kadang ada calon siswa baru yang tidak mendapatkan kesempatan dari jalur zonasi, namun memiliki tujuan untuk masuk ke sekolah tertentu, karena itu kita fasilitasi, kita berikan opeluang tersebut agar mendapatkan kesempatan melalui jalur PMPA ini,” katanya

Pria ini mengatakan, sebagai orang yang pernah menjalankan tugas sebagai fungsional, maka dapat mengetahui rasanya jika ada siswa yang tidak bisa mencapai apa yang diinginkan dengan berbagai alasan.

“Jadi PPDB tahun ini, selain ada jalur prestasi, mutasi orang tua, afirmasi dan jalur zonasi juga ada jalur PMPA. Waktu pendaftaran baru akan di buka pada 19 juni ini, setelah jalur zonasi melakukan daftar ulang,” bebernya.

Hal sama disampaikan oleh Kepala SMAN 1 Prabumulih, Freni Listiyan SPd MSi, peluang ini juga dapat dimanfaatkan oleh siswa yang masih ingin masuk ke SMAPN 1 karena tidak melakukan daftar ulang pada jadwal yang sudah ditentukan.

“Di SMA 1 ada beberapa calon siswa yang tidak daftar ulang, melalui jalur afirmasi dan jalur prestasi, dan itu dianggap mengundurkan diri. jika memang masih ingin masuk ke SMAN 1 bisa juga masuk melalui jalur MPMA,” tambahnya.(05)

Komentar

News Feed