oleh

Budidaya Nila di Embung Desa

-Kecamatan-35 views

RAMBANG SENULING – Embung desa yang dibangun dengan Dana Desa (DD), di Desa Rambang Senuling Kecamatan Rambang Kapak Tengah dimanfaatkan warga untuk budidaya ikan nila.

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 25 ribu bibit ikan nila ditebar di embung desa yang ada di dusun I ini. “Bibit nila itu dari bantuan  Kementerian Pertanian, satu paket dengan waring dan pakan,” kata Kepala Desa Rambang Senuling Rusman YS.

Ikan nila yang disebar diembung tersebut kata Rusman, dikelola oleh kelompok budidaya ikan siapit jaya. “1 kelompok itu 10 anggota, kelompok inilah yang budidaya lele, karena memang bantuannya untuk kelompok,” ujarnya.

Rusman menuturkan, dipilihnya embung desa sebagai tempat budidaya nila mengingat embung desa sangat besar. “Dan belum ada isinya, jadi dimanfaatkan untuk ikan,” tuturnya.

Lebih jauh Rusman mengungkapkan, keberadaan embung yang ada dibelakang kantor desa membuat kelompok lebih mudah mengontrol bibit ikan yang telah disebar. “Bantuan sudha cukup lama, sebelum puasa kalau tidak salah. Sekarang sudah lumayan besar, kelompok bergantian memberi makan dan mengurus embung,” imbuhnya.

Disinggung apakah hasil nila tersebut nantinya akan menyumbang pemasukan desa. Sementara ini kata Rusman hanya untuk kelompok. “Yang mengelola bukan bumdes tapi kelompok, hasilnya untuk kelompok,” tukasnya yang berharap budidaya nila membuahkan hasil sehingga akan membantu penghasilan perekonomian masyarakat.(08)

 

 

Komentar

News Feed