oleh

Buat Surat Keterangan di PN Cukup Pakai Ponsel Lewat e-raterang

PRABUMULIH – Memberikan kemudahan dalam pelayanan pembuatan surat keterangan di Pengadilan Negeri (PN), pihak PN meluncurkan program terbaru. Yakni, e-raterang. E-raterang, kata Ketua PN, AA Oka PB Gocara SH MH, sebuah aplikasi pelayanan Terpadu Satu Pintu Plus (PTSP+) dan surat keterangan elektronik (Eraterang). Sesuai dengan SK Dirjen Badilum Mahkamah Agung RI Nomor 44/DJU/SK/HM02.3/2/2019 Tentang Pemberlakuan Aplikasi Pelayanan Terpadu Plus (PTSP+) Dan Surat Keterangan Elektronik (ERATERANG) Di Lingkungan Peradilan Umum

“Program e-raterang tersebut, sudah dilakukan di PN. Membantu memudahkan masyarakat di 6 kecamatan untuk membuat beragam surat keterangan,” ujar Oka, sapaan akrabnya kepada awak media, Kamis (22/8). Lanjutnya, aplikasi ini bisa diakses lewat ponsel dengan jaringan internet. Caranya, cukup membuka Website Mahkamah Agung RI, http.//eraterang.badilummahkamahagung.go.id atau http.//pn-prabumulih.go.id. Tidak hanya ponsel, juga bisa diakses memakai komputer. Kemudian melakukan pendaftaran surat keterangan diinginkan.

“Jadi, diberlakukannya sistem ini, masyarakat tidak perlu lagi datang ke PN lagi untuk mengurus surat keterangan. Bisa dilakukan dari jauh, dengan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan dan memposting di halaman e-raterang. Tanda tangan saya, sebagai Ketua PN pun dilakukan secara elektronik dengan barcode tertentu. Sebagai bukti keaslian surat yang dikeluarkan,” ungkapnya.

Hal ini, menurutnya, sebagai bagian dari penerapan Zona Integritas di PN. Dengan meminimalisir kontak antara warga dan petugas pengadilan. Sehingga, terhindar dari pungutan-pungutan yang tidak perlu. “Dengan kemudahan memperoleh surat keterangan sudah ada barcode-nya, tentu memudahkan masyarakat jauh di kecamatan, semisal Kecamatan Karangan yang ongkos menuju PN, bisa cukup besar dalam memperoleh surat keterangan,” jelasnya.

Oka berharap, hadirnya e-raterang bisa bermanfaat bagi masyarakat Kota Nanas ini. “Tidak hanya masyarakat di perkotaan saja, tetapi hingga ke kecamatan dan pedesaan,” beber orang nomor satu di PN ini. (03)

Komentar

News Feed