oleh

Buat Simulasi Tatap Muka

-Pendidikan-30 views

PRABUMULIH– Berdasarkan hasil pertemuan bersama Walikota Prabumulih pada 30 Juli 2020 lalu, pihak sekolah diminta untuk membuat video simulasi terkait pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka, dengan mematuhi protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

Beberapa sekolah mulai melaksanakan simulasi dan membuat video pelaksanaan simulasi pembelajaran secara tatap muka, diantaranya yaitu SMP YPS Kota Prabumulih.

Sekolah yang beralamat di Komplek Pertamina Kota Prabumulih ini, Rabu (5/8/2020) kemarin langsung melakukan pembuatan video simulasi pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka di sekolah.

Setidaknya ada siswa 1 ruang kelas, yang diundang untuk hadir mengikuti simulasi proses pembelajaran secara tatap muka, guna untuk pembuatan video yang akan dikirimkan kepada wali siswa.

“Kalau untuk pembelajaran tatap muka kita belum tahu kapan penerapannya, namun berdasarkan keputusan rapat bersama Walikota, setiap sekolah diminta untuk membuat video simulasi pembelajaran tatap muka. Makanya hari ini kita lakukan pembuka video tersebut, “jelas Kepala Sekolah SMP YPS Prabumulih,  Elvira Irawati SPd Rabu (5/8/2020).

Dia menjelaskan dari pembuatan video terus, dibuat mulai dari kedatangan siswa ke lingkungan sekolah,diantar oleh orang tua. dengan menggunakan masker, lalu kemudian diminta untuk mencuci tangan, di Cek suhu tubuhnya dan masuk ke ruang kelas, duduk di kursi yang sudah diberi jarak untuk memberlakukan Social distancing.

“Guru mengajar dengan metode ceramah, tanpa jam istirahat. jadi siswa harus membawa bekal dari rumah. Usai mengikuti pembelajaran siswa dipastikan langsung pulang tanpa harus ngobrol dan berkumpul bersama teman,”bebernya.

Lebih jauh wanita ini mengatakan, untuk mengurangi kerumunan, pelaksanaan simulasi dilakukan hanya siswa dalam satu kelas. Yaitu kelas 8.6, itu pun dibagi menjadi dua ruang,  atau dalam satu ruangan hanya 50% siswa dari biasanya.

“Nanti video simulasi tatap muka yang dibuat, akan dikirimkan kepada para wali murid sebagai gambaran untuk mendapatkan persetujuan mengikuti pelaksanaan pembelajaran tatap muka,”tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, melalui Kepala Bidang Pembinaan SMP, Nopri Adison SPd MSi menambahkan, Berdasarkan hasil rapat evaluasi dari monitor kesiapan sarana protokol kesehatan di sekolah, semua sekolah baik dan lengkap.

Dia mengatakan untuk kebutuhan pembuatan video simulasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka siswa yang sakit, tetap tidak boleh masuk ke Sekolah.

“Kita berharap nanti pelaksanaan simulasi untuk pembuatan video pembelajaran tatap muka dapat benar-benar memberikan keyakinan kepada orang tua siswa, bahwa pihak sekolah sudah maksimal mungkin mempersiapkan sarana sesuai protokol kesehatan covid-19,”tandasnya.(05)

 

Komentar

News Feed