oleh

Buah Anggur Viral, Tidak untuk Dijual

-Kecamatan-264 views

Terdapat 30 Varietas

PRABUMULIH –  Selain memiliki kebun salak, Kota Prabumulih juga ternyata memiliki kebun anggur dengan 30 varietas.

Meski hanya skala kecil, namun kebun anggur milik Abu Huroiroh alias Roy warga jalan Mataram RT 04 RW 02 Kelurahan Prabujaya Kecamatan Prabumulih Timur ini mulai dikenal luas olah masyarakat.

Bahkan, sejak viral di media social sudah banyak warga yang datang untuk sekedar membuat vlog atau berselfie.

Roy disambangi dikediamannya, menuturkan, anggur yang ditanam tersebut hanya sekedar konsumsi keluarga. “Tidak di jual, hanya untuk keluarga dan teman. Tapi kalau ada yang dating sekedar foto silahkan, dilarang memetik karena banyak yang ingin foto-foto,” ujar Roy mengatakan dalam satu tahun anggur bisa berbuah secara terus menerus.

Uniknya, Roy bukanlah seorang sarjana pertanian atau memiliki basik  bidang pertanian. Namun, di tangan dinginnya buah yang ditanam Roy tumbuh subur. “Saya justru dari  listrik, tapi sudah hobi tanam bah dari kecil. Jadi tertarik dengan buah-buahan,” tuturnya.

Disampaikan Roy, ia memilih menanam anggur setelah sebelumnya sudah menanam beberapa varietas buah sejak tahun 2011. “Sejak 2011 sudah mulai tanam jambu, mangga, cabe, buah tin dan terakhir anggur. Milih anggur karena sekarang varietas sudah banyak masuk, dari luar negeri khususnya dari  daerah Ukraina yang memang buahnya bagus bagus. Ini baru masuk lagi dari India,” imbuh pendiri komunitas buah anggur di Kota Prabumulih ini.

Disinggung adakah keinginan untuk membuka agrowisata anggur, dengan skala besar? Roy mengaku memiliki tertertarikan. “Keinginan niat ada, tapi butuh modal dan dana kalau harus dikembangkan skala besar. Kalau kerja sama dengan pemkot, sebetulnya kita banyak kawan dari dinas, dulu sewaktu masih nanam cabai banyak sering main sini,” tukas Roy yang mengatakan anggur yang udah berbuah sengaja dibungkus plastik agar tak diserang hama dan burung.

Pantauan koran ini, selain anggur sejumlah tanaman mulai dari jambu, sirsak dan tanaman buah lainnya tumbuh subur di pekarangan samping rumah Roy. Untuk jambu sendiri sudah berbuah dengan rasa yang cukup manis dan besar.(08)

 

Komentar

News Feed