oleh

BSP Olah Dedaunan-Rumput jadi Kompos

-Metropolis-307 views

PRABUMULIH – Bank Sampah Prabumulih (BSP) tidak hanya mengumpulkan sampah plastik, kardus, botol, dan lainnya.
Kini, BSP mengajak masyarakat kota ini untuk nabung sisa nasi, sayur mayur, daun kering, rerumputan, dan lainnya. Sampah rumah tangga, daun dan rumput itu nantinya akan diolah jadi pupuk cair dan diharapkan bisa memiliki nilai ekonomis.

Direktur BSP, Dadi Prayogi SPd melalui Manager Bisnis dan Operasional, Desti Fajarini ST mengungkapkan, pihaknya berupaya mengolah sampah dengan maksimal. Salah satunya, kompos jelas akan berguna bagi tanaman. Apalagi, kompos dikenal sebagai pupuk organik penyubur tanaman.

“Unit kita yaitu Duspra dan Koppaja, bahkan mengikuti pelatihan di PT Bukit Asam (BA), Tanjung Enim. Untuk belajar pengolahan sampah menjadi kompos, meningkatkan pengetahuan dan wawasannya,” kata Desti kepada koran ini, kemarin (13/2).

Sambung Desti, nantinya ilmu tersebut jelas akan ditularkan kepada unit-unit yang ada dibawah naungannya. Sehingga, bisa bermanfaat bagi masyarakat di sekitar unit-unit BSP yang tersebut di 6 kecamatan di kota ini.

“Sehingga, masyarakat tidak perlu beli pupuk. Cukup mengolah sendiri kompos, berasal dari sisa makanan. Lalu, dedaunan dan rerumputan. Akan jauh lebih bermanfaat, apalagi kompos mudah sekali dibuat,” ujarnya.

Humas BSP, Siti Zulaiha mengatakan, pihaknya berusaha membantu pemerintah. Untuk terus mengatasi masalah sampah di kota ini, pengolahan sampah merupakan salah satu upaya pihanya mengolah sampah jadi lebih bermanfaat.

“Sampah kalau diolah dengan baik, akan memberikan manfaat bagi masyarakat itu sendiri,” ucapnya.

Leha, begitu dia disapa akrab menyebutkan, selain itu pihaknya berusaha terus mengembangkan, kemampuan personel di unit-unitnya. Sehingga, bisa meningkatkan kemampuan pengolahan sampah.

“Bukan hanya mengumpulkan sampah saja, tetapi juga mengelolanya dengan baik,” bebernya. (06)

News Feed