oleh

BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Perangkat Desa

SUDIRMAN – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat dari jaminan sosial khususnya bagi tenaga kerja. Kali ini dengan merangkul perangkat desa dan BPD di Sumsel.
“Sesuai dengan amanah Negara Perangkat Desa dan BPD harus dilindungi Jaminan sosial ketenagakerjaan yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM),” kata Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim, Nolly Noer Amien di sela-sela kegiatan Rapat Kerja Bersama BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Enim dan Cabang Palembang dengan Dinas PMD se-Provinsi Sumsel, di Daira Hotel, kemarin.
Selain diikutsertakan dalam program (JKK) dan (JK), peserta juga diharapkan untuk ikut serta dalam Jaminan Hari Tua (JHT), sehingga seusai masa jabatannya perangkat dan BPD ini mempunyai bekal jaminan hari tua berupa tabungan yang bisa diambil secara lumpsum.
Pria berkaca mata ini menambahkan, diharapkan setelah melakukan rapat kerja ini, penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan ini dapat langsung dilaksanakan diseluruh Desa di Sumatera Selatan.
Pada rapat kerja ini juga dilakukan sharing sesion dengan menghadirkan narasumber Kadis PMD Kabupaten Muara Enim, Drs Emran Tabrani MSi yang sudah mendaftarkan seluruh perangkat desa dan BPD terhitung bulan Juni tahun 2016 pada program JKK dan JKM.
‘’Program BPJS Ketenagakerjaan ini sangat bermanfaat dan membantu tenagakerja. Bulan Agustus lalu BPJS Ketenegakerjaan telah menyerahkan 2 (dua) santunan kematian kepada ahli waris perangkat desa yang meninggal dunia’’ ujar Emran.
Terpisah Kepala Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan Prabumulih, Darwati SH menambahkan, dengan bekal surat edaran dan bekal MoU langsung dengan Pihak Kementrian Desa pihaknya berharap semua perangkat Desa di Prabumulih juga ikut berpartisipasi dan dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan.
“Selama ini masyarakat hanya tau BPJS Kesehatan, karena itu kita perlu memperkenalkan BPJS Ketenagakerjaan. Selain menawarkan manfaat pelayanan jaminan kesehatan juga ada bentuk santunan seperti cacat menetara tidak mampu bekerja karena kecelakaan dan lainya. Apalagi aparatur Desa itu kerjanya 24 jam kemungkinan resiko itu ada, karena itu kita berharap semuanya perangkat Desa di Prabumulih Bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” harapnya. (03/adv)
KUTIPAN:
“Sesuai dengan amanah Negara Perangkat Desa dan BPD harus dilindungi Jaminan sosial ketenagakerjaan yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM),”
Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim, Nolly Noer Amien

News Feed