oleh

Bongkar Skat, Perbaiki Lapak

-Ekonomi-193 views

Pemkot Bakal Benahi Pasar Gunung Ibul

PRABUMULIH – Pemerintah kota (pemkot) berencana segera membenahi Pasar Gunung Ibul yang sejak kali pertama dibangun hingga kini nyaris belum pernah digunakan oleh para pedagang.

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Prabumulih, H Richard Cahyadi AP MSi usai meninjau Pasar Gunung Ibul mengatakan, pemkot akan segera membongkar skat dan memperbaiki lapak yang selama ini menjadi alasan pedagang tak menggunakan pasar tersebut.

“Ya Pasar Gunung Ibul selama ini kan tidak terpakai dengan alasan pedagang karena tidak sesuai dengan apa yang diharapkan karena adanya sekat-sekat itu. Nah, untuk itu di tahun ini kita akan melakukan pembenahan terhadap bangunan pasar itu yang sesuai kebutuhan mereka,” ujarnya kemarin (23/2).

“Karena keinginan mereka (pedagang, red) los jualan tidak ada pembatas, makanya sebelum adanya revitalisasi agar bangunan pasar yang ada ini diperbaiki dulu. Apalagi di tahun ini juga Pemkot akan mendapat bantuan bangunan pasar induk yang akan berada di sebelah Pasar Gunung Ibul ini,” ungkapnya seraya berharap Dinas Perdagangan segera membuat rencana pembangunan.
“Jadi kalau sudah dibangun sesuai dengan harapan mereka. Maka tidak ada alasan lagi untuk tidak menempati. Dan jangan salah kan pemerintah,” timpalnya.
Selain itu sambungnya, sebelum adanya bantuan pemerintah pusat yang juga akan didapat tahun ini. Prabumulih juga membangun pasar kalangan melalui dana alokasi khusus senilai Rp 700 juta yakni di Kelurahan Karang Jaya. “Untuk bantuan pusat Insya Allah dapat, makanya agar tidak digeser secara administrasi kita harus lengkap seperti status tanah, persetujuan lingkungan dan lainnya karena seperti biasa persoalan akan timbul setelah dikerjakan dan tanpa pemberitahuan makanya kita tidak mau itu terjadi, kita harap camat, lurah dan lainnya mensosialisasikan rencana itu,” imbuhnya
Terlebih diketahui pembangunan pasar induk yang direncanakan merupakan bantuan Kementerian Perdagangan tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belaja Negara (APBN) yang bernilai mencapai Rp 17,5 miliar tersebut.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perdagangan Pemkot Prabumulih, Junaidi SP menambahkan, tahun ini dipastikan bantuan pembangunan pasar induk sudah dapat, hanya nilainya dirinya belum mengetahui pasti namun diperkirakan mencapai miliaran rupiah. “Ya Alhamdulillah kita bersyukur dapat bantuan untuk pembangunan pasar induk, kalau dana kita usulkan Rp 17,5 miliar mudah-mudahan senilai yang diusulkan itu,” harapnya.
Masih kata dia, dari adanya pembangunan pasar induk itu diharapkan nantinya akan berfungsi sama seperti pasar induk di Jakabaring Palembang, yang mana semua penyalur atau distributor akan masuk ke pasar induk itu. Sebelum nantinya akan didistribusikan ke pasar tradisional modern maupun pasar lainnya yang ada di kota Prabumulih ini. “Jadi nanti penyalur sayur dari sayur, buah dan lainnya akan kesini dulu seperti layaknya pasar Jakabaring Palembang. Dan untuk pasar kalangannya tetap ada juga,” tandasnya sambil menyebutkan pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) mengenai pembangunan. (01)

News Feed