oleh

Bina 50 Pengusaha Untuk Tingkatkan Produktivitas

PRABUMULIH – Sebanyak 50 Pengusaha di Prabumulih, ikuti pembinaan peningkatan produktivitas di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Sari Kota Prabumulih Senin (2/9). Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan melalui bidang pelatihan dan peningkatan produktivitas.

Mansyur Husein, Kepala Bidang Pelatihan dan peningkatan Produktivitas di Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), mengatakan peningkatan produktivitas pengusaha diikuti oleh orang- orang yang sudah punya usaha di Prabumulih.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, yang akan ditingkatkan adalah produktivitasnya, mulai dari aktivitas ketersediaan bahan baku pengelolaan, buku keuangan serta tenaga kerja. Hal ini dilakukan dengan harapan agar seluruh pengusaha yang hadir pada hari ini dapat meningkatkan jumlah tenaga kerja baru. “Jika memang produktivitas sudah meningkat, maka para karyawan juga sudah bisa membuka lapangan usaha baru,”jelasnya.

Sementara, sasaran jangka pendek dalam pelaksanaan program ini adalah para pengusaha dapat meraih penghargaan Sidakarya yaitu jenis usaha produktivitas tingkat Provinsi. “Jika lebih bagus lagi maka diusulkan untuk mendapatkan penghargaan paramakarya, yaitu penghargaan Tingkat Nasional,” tandasnya seraya mengatakan di Kota Prabumulih ada sebanyak 3 jenis usaha yang diajukan untuk mendapatkan penghargaan Pramakarya diantaranya Winro, intan bakeri dan olahan nanas di UPK melati.

Sementara dalam pelaksanaan pelatihan tersebut, para peserta juga mendapat pengembangan motivasi otak kiri kanan serta malkom batrik hingga teori pengukuran produktivitas. “Nanti ada instruktur yang mengajar melalui rumus malkom batrik, untuk mengukur peningkatan produktivitas suatu usaha yang bisa dilihat dari Produksi, absen kerja pegawai, pengelolaan keuangan, stock barang baku dan sebaganya,”bebernya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Tenaga kerja dan transmigrasi, Syaman SIP menambahkan, peningkatan produktivitas sangat erat kaitannya dengan angk pengurangan angka pengangguran yang sangat tinggi. Karena itu salah satu solusi diiantaranya mulai pemagangan dalam negeri dan luar negeri.

“Di Sumatera Selatan kita mendapatkan kuota untuk ribuan peserta yang akan mengikuti pemagangan. karena itu kita berharap agar masyarakat kota Prabumulih pada umumnya juga ikut memanfaatkan kesempatan ini,”tambahnya yang didampingi Bidang Lattas Disnaker Transmigrasi Kota Prabumulih, Syarifa Revi.(05).

Komentar

News Feed