oleh

BID Dorong Pengelolaan DD Lebih Efektif

-Metropolis-52 views

PRABUMULIH – Adanya bursa inovasi desa (BID), diharapkan bisa mendorong pengelolaan dana desa (DD) lebih efektif dan efesien. Hal itu diungkap TA Managemen Informasi BID KPP, Chandra Gupta. Kata dia, tujuan diselenggarakan agar desa bisa berkumpul melihat inovasi program desa dan diterapkan di desanya masing-masing. “Fokus pengelolaan DD, fokus masalah sumber daya alam. Lalu, infrastruktur, dan kewirausahaan. Itulah, kita kembangkan lewat BID ini,” ujarnya di sela-sela kegiatan BID di Gedung Serbaguna Desa Pangkul, Kecamatan Cambai, Rabu (7/8).

Lanjutnya, BID kali ini bisa dijadikan acuan dan penyusunan program desa lewat DD dan diterapkan pada 2020 mendatang. “Tetapi, BID ini memang harus didasari atau mengacu pada SDA dan SDM di desa itu sendiri,” pesannya. Kata dia, rencanakan kegiatan desa lewat ide desa. Tetapi, memang untuk kegiatan berkembang di desa dan dimatangkan dan direalisasikan menjadi program DD tahun depan.

“Kalau diterapkan, kita optimis pengunaan DD bisa meningkat,” bebernya. Asisten III, HM Rasyid SAg MM membuka kegiatan itu mengatakan, menyambut baik adanya BID. Karena, bisa bermanfaat bagi desa untuk memanfaatkan DD secara maksimal dan optimal. “Memang sudah seharusnya, program dijalankan DD mengacu tiga bidang. Yaitu, SDM, infrastruktur, dan kewirausahaan,” tukasnya. Inovasi didapat di BID, pesan Rasyid memang seharusnya diterapkan. Agar program pengelolaa DD di desa, maju dan berkembang untuk kemajuan desa itu sendiri. “Harapannya, desa lebih inovatif dalam menjalankan program dan pengelolaan DD,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed