oleh

Bhabinkamtibmas Pro Aktif, Berikan Penyuluhan

PRABUMULIH – Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), tetap aman dan kondusif di wilayahnya masing-masing.

Berbagai upaya dilakukan para Bhabinkamtibmas dibawah naungan Polres Prabumulih, salah satunya rutin memberikan penyuluhan kepada masyarakat di wilayah kerjanya.

Seperti dilakukan Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai Medang, Brigpol Adio Patra SH bekerja sama dengan Babinsa, Sertu Pardosi memberikan penyuluhan mengajak aktif karang taruna, untuk menjaga kamtibmas.

Selain itu juga, aktif dalam kegiatan-kegiatan penyuluhan-penyluhan kepada masyarakat, baik yang dilakukan secara door to door maupun dalam forum pertemuan resmi.

“Pemuda karang taruna dan masyarakat, kita imbau agar selalu dapat menjaga kamtibmas dan hindari serta menjauhkan diri dari narkoba, miras serta perbuatan pidana,” pesan Adio.

Harapnya, kata Adio, agar para pemuda karung taruna ini tetap melakukan hal yang positif dan selalu menjaga kondusifitas di wilayah Kelurahan Sungai Medang.

“Apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan agar segera menghubungi petugas setempat, baik Bhabinkamtibmas, Babinsa, maupun RT/RT maupun Lurah,” kata dia.

Beda yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Tanjung Telang, Bripka Edy Prastio. Penyuluhan yang diberikan diwilayah kerjanya, khususnya masalah kebakaran karena sangat merugikan.

“Penyuluhan ini kan sebagai sarana silaturahmi dan mendekat diri dengan masyarakat, untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas termasuk bahaya kebakaran. Apalagi, kebakaran terjadi akibat kelalaian dan juga konsleting listrik serta lainnya,” terang Edy.

Pesan kamtibmas yang disampaikan, berupa agar masyarakat mengecek kelayakan regulator tabung gas yang digunakan untuk memasak, apabila sudah lama tolong segera diganti untuk meminimalisir salah satu potensi kebakaran.

“Waspada juga bahaya kebakaran yang disebabkan pemakaian barang-barang elektronik, cabut peralatan listrik apabila tidak digunakan atau pada saat akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong,” pungkasnya.

Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MH didampingi Kasat Binmas, Iptu Sri Djumiati menerangkan, tugas utama para Bhabinkamtibmas melakukan pembinaan teritorial di wilayah kerjanya.

“Utamanya, memberikan imbauan dan penyuluhan kamtibmas kepada masyarakat. Sehingga, jika ada gangguan bisa cepat direspon oleh petugas,” tukasnya.

Sambungnya, para Bhabinkamtibmas ini harus mendekatkan diri dengan masyarakat. Agar mudah dan cepat mendapat informasi gangguan kamtibmas dari masyarakat, mengajak masyarakat agar hati-hati dan waspada.

“Bina hubungan baik dengan masyarakat, agar mudah dan cepat mendapatkan informasi,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed