oleh

Berupaya “Merdeka” dari Sampah

PASAR I – Bank Sampah Prabumulih, yang sudah ada sejak beberapa tahun ini berharap agar kedepan kota Prabumulih “merdeka” dari sampah. Itulah yang disampaikan oleh tim BSP dalam kunjungan, memenuhi undangan dari Kelurahan Pasar I Kecamatan Prabumulih Utara belum lama ini. “Keinginan terbesar bagi kami, kedepan dengan langkah kecil upaya kecil Prabumulih bisa bebas dan merdeka dari sampah,” kata Humas BSP Siti Zuleha.

Disampaikan Siti, keberadaan BSP ditambah lagi dengan keberadaan Pusat Daur Ulang (PDU) sampah, pihaknya meyakini keberadaan sampah di Prabumulih bisa diatasi. “Tapi itu harus ada peran dari masyarakat. Ada kemauan, dan ada niat, masyartakat mulai dari lingkungan kecil berupaya agar benar-benar peduli dengan sampah,” ungkapnya. Ia menjelaskan, dari beberapa jenis sampah banyak yang bisa didaur ulang, bernilai ekonomis dan diolah menjadi kerajinan. “Masing-masing item ada harganya, sedikit-sedikit toh nanti akan menjadi bukit, bila rajin menabung di BSP,” ujar Siti sembari mengajak masyarakat menjadi nasabah BSP.

Sementara itu Ketua TP PKK Pasar I Hj Yunita Basuki mengutarakan, pihaknya sengaja mengundang BSP. Sehingga kedepan kebersihan lingkungan di kelurahan Pasar I lebih terjaga. “Karenakan selama ini yang membuat lingkungan kotor itu sampah. Kalau masyarakat sudah peduli, menjadi nasabah BSP. Insyallah kedepan akan lebih bersih, dan masyarakatpun akan ada penghasilan dari sampah,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed