oleh

Bertambah 10 Kasus Baru, Penyebab Transmisi Lokal

-Metropolis-57 views

PRABUMULIH – Kasus Covid-19 terkonfirmasi positif asal Kota Prabumulih bertambah cukup signifikan.

Informasi dihimpun dari data Dinas Kesehatan (Dinkes), ada 10 kasus Covid-19 terkonfirmasi positif menambah jumlah kasus di Kota Nanas ini hingga menjadi 29 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Happy Tedjo TS MPH dikonfirmasi tidak menampik hal itu. Dia menerangkan, kalau 10 orang terkonfirmasi positif itu merupakan hasil swab beberapa waktu lalu yang baru keluar.

“Betul, ada penambahan 10 kasus baru Covid-19. Informasi kita terima dari Gugas Covid-19 Provinsi Senin lalu. Dan, semunya merupakan transmisi lokal,” jelas Tedjo kepada awak media Selasa (26/5).

Dia menerangkan, sebanyak 5 kasus merupakan cluster Karya Mulya. Lalu, 2 kasus cluster nakes di RS swasta, 3 kasus cluster perawat RS swasta. “Semua yang terpapar Covid-19 terkonfirmasi positif merupakan satu keluarga dan juga kerabat terkonfirmasi positif sebelumnya,” terang Mantan Direktur RSUD ini.

Kata dia, 5 orang terkonfirmasi positif cluster Karya Mulya dirawat di RSK Charitas. Lalu, 2 kasus cluster RS swasta dirawat di RS swasta itu sendiri, dan terakhir 3 kasus perawat RS swasta juga dirawat di RS Palembang.

“Semua terkonfirmasi positif sudah melakukan isolasi dan menjalani perawatan di RS serta dalam pengawasan tim medis guna penyembuhan,” ucapnya.

Sambung Ketua Gugas Covid-19 Kota ini, contact tracking terus dilakukan terhadap keluarga dan kerabat dan siapa saja pernah kontak sebagai langkah pencegahan dan antisipasi penyebaran Covid-19.

“Sekarang ini, pemantauan terhadap orang-orang pernah kontak kerap kita lakukan. Salah satunya, dites rapid test sebagai langkah pencegahan,” pungkasnya.

Dia menjelaskan, sejauh ini status Covid-19 di Prabumulih. Masih 6 kasus sembuh, 3 kasus meninggal, 21 kasus terkonfirmasi positif.

“Termasuk ODP dan PDP, masih dalam pengawasan kita. Dan, datanya selalu kita update untuk informasi masyarakat,” pungkasnya. (03)

 

Komentar

News Feed