oleh

Bersihkan Akses Jalan Desa

-Kecamatan-269 views

TALANG BATU – Dana gotong royong tahun 2017 untuk desa yang digelontorkan Pemerintah Kota (Pemkot) dengan dana APBD senilai Rp5 juta sudah mulai digunakan oleh sejumlah desa.
Seperti di Desa Talang Batu Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), siang kemarin (9/7), ratusan masyarakat menggelar gotong royong dengan membersihkan sejumlah akses jalan menuju perkampungan.
Kepala Desa Talang Batu Sahril Kenedi, menuturkan gotong royong tersebut difokuskan di dusun I dan II. “Dengan menebas sjeumlah ranting pohon yang sudah menutupi jalan, dan rumput yang juga sudah menghalangi pandangan saat berkendara,” kata Sahril.
Dituturkan Sahril, dibersihkannya akses jalan tersebut untuk mengurangi bahaya saat berkendara. Apalagi di Desa Talang Batu banyak pengguna jalan yang merupakan anak sekolah. “Pagi kadang maunya cepat sekolah, kalau pandangan terhalang dari arah depan ada kendaraan akan sangat bahaya,” tuturnya.
Dalam gotong royong tersebut lanjut Sahril sekitar 200 warga turun kejalan. “Rata-rata turun, ramai pokoknya kita juga menyiapkan konsumsi. Dengan begitu masyarakat lebih bersemangat,” jelasnya.
Kemudian sambung dia, aksi bersih-bersih tersebut juga dipersiapkan untuk menyambut pelaksanaan pencanangan kampung KB dalam waktu dekat. “Kan enak kalau bersih, tamu akan banyak datang,” ucapnya.
Lebih jauh, Sahril mengungkapkan gotong royong masih akan dilanjutkan nantinya. Namun, fokus akan lebih difokuskan dilingkungan tempat tingkat, dan perkantoran. “Dananya masih ada, jadi masih akan kita gelar nantinya. Termasuk bersih kantor desa, lingkungan,” tuturnya menambahkan Babinsa dan Babinkabtibmas desa juga turut hadir dalam gotong royong tersebut.
Sementara itu, Apriansyah warga Desa setempat berharap agar nantinya gotong royong bisa menjadi agenda rutin. Khususnya untuk gotong royong membersihkan jalan akses desa. “Kami masyarakat sangat mendukung, apalagi untuk kepentingan bersama. Seperti gotong royong membersihkan jalan, sebagai salah satu pengguna jalan kami menyambut positif. Karena memang jika pandangan terhalang saat berkendara sangat berbahaya, terutama dijalan menikung,” tukasnya. (05)

News Feed