oleh

Berkah Zonasi, Banyak Sekolah Nambah Rombel

PRABUMULIH – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi, memberikan dampak positif bagi sejumlah sekolah. Beberapa sekolah, harus menerima siswa lebih banyak dari biasanya. Karena itu meski tidak memiliki ruang kelas yang cukup, namun pihak sekolah harus menambah rombongan belajar (rombel), dengan alasan siswa berada dilingkungan sekitar sekolah dan harus diterima di sekolah sekitar tempat tinggalnya.

Keadaan ini seperti terjadi di SD Negeri 15 Kota Prabumulih, sebelumnya SD yang beralamat di Kelurahan Prabujaya Kecamatan Prabumulih Timur ini, hanya ada sebanyak 7 ruang kelas. Sedangkan di sekolah ini terdapat sebanyak 12 rombel. Sehingga terpaksa harus masuk sekolah double shift.

“Ada yang harus masuk siang karena ruang kelas kita tidak cukup untuk menampung seluruh siswa untuk masuk pagi, sehingga kita berikan kebijakan untuk kelas 3 dan kelas 4 harus masuk siang karena siswa kelas 1 dan 2 masih terlalu kecil untuk masuk siang,”Kata kepala sekolah SD Negeri 15 Prabumulih, Muhaini SPd.

Mantan kepala sekolah SD Negeri 46 Prabumulih ini menuturkan bahwa, saat ini untuk masuk sekolah kelas 1 SD tidak boleh di sleksi, sedangkan meski jumlah ruang kelas terbatas karena hanya ada dua Sekolah Negeri yaitu SD Negeri 11 dan SD Negeri 25 sehingga Sekolah tidak bisa menolak kehadiran siswa yang lokasinya berada di sekitar sekolah.

“Meski ada yang masuk Siang namun proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap kita laksanakan sebagaimana, para dewan guru tetap bertanggung jawab atas pencapaian KBM. kita berharap masuk siang tidak merugikan para siswa,”tandasnya.

Pantauan koran ini, para siswa nampak asyik berada di lingkungan sekolah. Dengan bersekolah di lokasi yang tak jauh dengan tempat tinggal membuat para orangtua merasa senang. Minimal tidak terburu-buru saat melakukan antar jemput, dan tidak khawatir karena Siswa masih berada dilingkungan tempat main mereka.

“Biasanya anak-anak merasa nyaman karena berada di lingkungan sekitar tempat tinggal. untuk itu meski harus masuk siang , dan mereka untuk berangkat sendiri juga kita percaya karena banyak teman main di luar sekolah , yang juga teman main di sekolah karena berada dilingkungan yang sama,”Kata Hustila salah seorang wali siswa SDN 15.(05)

Komentar

News Feed