oleh

Berikan Waktu Tiga Kali Mediasi

-Metropolis-10 views

//Pedagang Ikan Dipindahkan di PIB

PRABUMULIH – Mengakomodir keinginan pedagang ikan yang bakal dipindahkan di Pasar Ikan Basah (PIB) di belakangan Pasar Tradisional Modern (PTM) II, Pemerintah kota (Pemkot) akan melakukan mediasi.

Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM menerangkan, akan melakukan mediasi sebanyak tiga kali. Kalau pedagang ikan tidak mau pindah ke PIB. Pemkot, kata dia tidak akan memediasinya lagi. “Ini baru pertemuan pertama, mediasi kedua 8 Januari mendatang. Kita harapkan, mediasi dilakukan pedagang ikan mau dipindahkan ke PIB sesegera mungkin,” ujar Ridho, sapaan akrabnya, Kamis (31/12/2020).

Menurutnya, pembagian lapak di PIB ini, akan dimiliki pedagang bentuk kepedulian Pemkot. Harapannya, lapak diberikan jangan disewakan dan dijual atau dipindah tangankan.“Harus digunakan sendiri, untuk berjualan. Kalau demikian, jelas akan kita sanksi tegas. Apalagi, dalam menyelamatkan pedagang ikan sendiri ,”  terangnya.

Disinggung soal permintaan pedagang ikan, agar pindah seluruhnya. Wako mengungkapkan, kalu 80 persen pedagang setuju dipindahkan bisa dilakukan. “Tetapi, kalau hanya 60 persen hal itu tidak mungkin dilakukan,” jelasnya.

Tidak hanya memberikan lapak, akunya Pemerintah kota, sebutnya guna membantu pedagang mau direlokasi diberikan sejumlah bantuan. “Berupa timbangan, lemari pendingin, dan lain-lain. Hingga, kredit modal usaha lewat Bank Sumsel Babel (BSB) akan kita fasilitasi. Intinya, Pemkot serius membantu masyarakat khususnya pedagang ikan,” terangnya.

Terpisah, Arwansyah, salah satu pedagang mengatakan, mau menuruti kebijakan Pemkot memindahkan pedagang ikan ke PIB.“Tetapi, syaratnya semua pedagang pindah ke PIB. Lapak ditinggalkan, jangan ditempati lagi. Kalau ada pedagang ikan menempatinya, Pemkot melalui Satpol PP melakukan tindakan tegas,” pintanya.

Kalau tidak, akunya percuma saja. Nanti, lapak ditinggalkan akan ditempati pedagang lain berjualan. “PIB nantinya jadinya sepi, karena warga akan tetap mencari ikan di tempat lama. Kalau pindah semuanya, mau tidak mau warga membeli ikan di PIB,” tukasnya. (03)

Komentar

News Feed