oleh

Beri Sanksi Bagi Siswa Terlambat

-Pendidikan-258 views

SUKAJADI – SMKN 1 Prabumulih tidak main-main dalam menegakkan kedisiplinan para para siswa. Setiap hari para guru, terutama guru Bimbingan Konseling (BK) mendata nama siswa yang terlambat, bahkan tak segan-segan untuk mengumpulkan siswa di lapangan karena terlambat masuk pada waktu yang sudah ditentukan.

“Disiplin adalah modal awal untuk menuju kesuksesan seseorang, kita tidak main-main dalam menegakkan kedisipilnan, jika tidak taat pada peraturan sekolah kita bisa memanggil para wali siswa untuk menginformasikan kelakuan anaknya,” kata Kepala SMKN 1 Prabumulih, Drs Akhmad Sunanto.

Pria berkaca mata ini mengatakan, para alumni SMKN 1 harus menegakkan kedisiplinan. Karena di SMK para siswa daituntut untuk siap masuk ke dunia kerja setelah selesai sekolah. Untuk itu, setelah selesai dari SMKN 1 minimal para siswa memiliki modal awalberupa keahlian dalam jurusan masing-masing dan juga kedisiplinan yang asudah diterapkan sejak menjadi pelajar di SMKN 1.

“Sekarang bangunan pagar kita tinggikan agar para siswa tidak bisa loncat keluar masuk lingkungan sekolah tanpa izin, para siswa yang terlambat diberikan hukuman yang mendidik, meski tujuannya adalah untuk memberikan efek jera agar tidak terlambat lagi dilain waktu,” harapnya.

Sementara pantauan koran ini puluhan siswa diminta untuk berbaris dilapangan, dan menyetor nama kepada guru BK sebagai catatan. Para siswa juga diminta berkomitmen agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Sanksi yang sering diberikan kepada siswa diantaranya adalah membersihkan halaman sekolah, dan toilet. Dengan harapan para siswa tidak lagi terlambat pada hari berikutnya. “Ada belasan siswa yang terlambat  dalam setiap hari, Harapan kita meski apapun alasannya semoga siswa nanti tidak terlambat lagi dan terbiasa datang ke sekolah tepat waktu,” kata guru BK SMPN 1 Prabumulih, SLamet Prihatin.(05)

 

Komentar

News Feed