oleh

Beri Edukasi Pembuatan Pupuk Cair Organik

PRABUMULIH – SMPN 2 Prabumulih berikan edukasi kepada para siswa, guru dan komite sekolah terhadap pembuatan pupuk cair karya anak bangsa, yaitu pupuk cair halera. hal ini dilakukan dalam rangka peningkatan pengembangan dunia pendidikan searah dengan status SMPN 2 Prabumulih sebagai Sekolah Sehat tingkat Nasional dan sekolah Adiwiyata mandiri.

“Dalam proses pembuatan pupuk tersebut tersebut ada beberapa ramuan yang memang ada dalam tanaman obat keluarga, serta bahan baku yang merupakan sampah dedaunan yang bisa didapatkan di sekitar sekolah, tentunya hal ini sangat berkaitan dengan progra sekolah,” kata Kepala Sekolah SMPN 2 Prabumulih, Pedro Santoso AB SPd MSi pekan lalu.

Dengan mengikuti rangkaian pembuatan pupuk cair ini, diharapkan para peserta dapat membuat pupuk organiksendiri yang dapat diamnfaatkan disekolah dan juga dirumah masing-masing. para siswa juga diharapkan dapat menginmaskan tekhnis pembuatan pupuk cair ini kepada siswa lai, tetangga bahkan dengan keluarga.

“Berdasarkan apa yang disampaikan oleh narasumber kemarin pupuk cair tersebut terus mengalir bahkan yang dibuatnya sejak pertama kali tahun 2013 sampai sekarang tetap berproduksi karena itu hal ini sangat tepat sekali untuk dimanfaatkan di sekolah,”tandasnya yang didampingi guru pendamping Hj Rahmi SPd dan Marhana SPd.

Sementara Hadiansyah salah seorang narasumber, saat dikonfirmasi koran ini mengatakan bahwa pupuk cair tersebut sangat bermanfaat untuk tumbuhan. diantaranya adalah merangsang pertumbuhan daun dan bunga,menghilangkan warna kuning pada daun, menyuburkan tanah dan tanaman, hingga mampu merangsang pertumbuhan cacing pada tanah.

Pria dua anak ini mengatakan bahwa berbagai keuntungan banyak didapatkan dalam rangka mengelola pupuk cair organik ini.  Diantaranya adalah praktis, karena tidak menggunakan mesin dan listrik, serta tidak membutuhkan Tempat khusus, bahan yang digunakan juga tidak dibeli, ramah lingkungan, bahkan bisa berbuat sosial karena dapat berbagi pupuk secara gratis.

“Kita mengelola pupuk cair organik juga bisa menjadi luar biasa karena dapat memanfaatkan hal yang tidak berguna menjadi multi manfaat serta mendapatkan berkah dari Allah karena menjaga dan menyelamatkan alam,”tandas pria yang tinggal di Desa Pangkul Kecamatan Cambai Kota Prabumulih ini. (05)

 

Komentar

News Feed