oleh

Berdayakan Warga Kelola Dana Desa

TANJUNG TELANG – Selain mempercepat pembangunan desa, keberadaan Dana Desa (DD) juga mengurangi pengangguran dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa.
Di Desa Tanjung Telang Kecamatan Prabumulih Barat, keberadaan DD sangat membantu masyarakat yang tak memiliki pekerjaan. Betapa tidak, sejak adanya DD, pemerintah desa membedayakan masyarakat dengan turut serta mengelola DD.
“DD kami kelola dengan pekerja dari masyarakat lokal, jadi selain masyarakat mengetahui langsung apa saja DD yang dikerjakan. Masyarakat juga memiliki pekerjaan, yang tentu ada rasa memiliki, karena itu dalam bekerja mengutamakan kualitas dan mutu yang baik,” kata Plh Kepala Desa Tanjung Telang Rusdiyanto.
Hal itu kata dia, sesuai dengan anjuran dan aturan yang ada dalam pengelolaan DD. “Jadi ada pemasukan ekonomi untuk masyarakat, dengan masing-masing warga dari setiap dusun kami ajak,” ujar Rusdiyanto.
Terkait DD sendiri, Sekertaris Desa ini menyampaikan, sudah memasuki tahap pengerjaan DD tahap II. Salah satu yang dikerjakan yakni pembangunan siring. “Mulai dari dusun 1 sampai dusun 5, pembangunan siring ada semua,” ucapnya.
Elansyah warga Dusun 4, yang merupakan salah satu tenaga kerja lokal dalam pengerjaan DD mengaku sangat terbantu. Sebab, sejak DD dikucurkan pekerjaan menjadi lebih menentu. “Biasanyakan kalau sudah nakok, hanya serabutan. Atau hanya mengandalkan getah saja, tapi sekarang kami masyarakat ada pemasukan lain,” terangnya.
Ia berharap kedepan, DD terus digulirkan. Sehingga selain Desa makin maju dan berkembang, masyarakat tetap memiliki peran membangun desa. “Desa maju itu harapan kami, memiliki pekerjaan itu yang memang kami inginkan. Mudah-mudahan terus berlanjut, sehingga kami betul-betul merasakan dampak dari DD ini,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed