oleh

Berdayakan Guru Mapel Buat Soal Semesteran

 PRABUMULIH –  Gugus XIII Se Kecamatan Cambai berdayakan guru Mata pelajaran (mapel) untuk bikin soal sendiri, jelang pelaksanaan Ujian semesteran ganjil tahun 2019.

“Sebelumnya memang hanya menggunakan Soal yang sama untuk  seluruh sekolah se Kota Prabumulih, namun tahun ini kita memberdayakan guru yang ada di sekolah,” kata Ketua Gugus XIII Kecamatan Cambai, Sangidah SPd Rabu (27/11).

Dia mengatakan, dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di sekolah,  para guru bisa menyesuaikan sampai mana materi yang disampaikan kepada siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Sebagai bahan evaluasi belajar, tentu yang paling tepat adalah soal yang dibuat oleh para guru itu sendiri. Karena itu mulai dari mid semester, seluruh sekolah di kecamatan Cambai, juga bikin sendiri.

“Soalnya kemaren kita periksa soal yang sama se Kota Prabumulih, kita menemukan beberapa soal yang tidak ada perubahan, kadang hanya diubah nomor saja,” jelasnya mengeluhkan soal semester yang dibuat oleh pihak ke tiga.

Padahal, lanjut Sangidah harusnya pembuatan soal harus disesuaikan dengan setiap materi yang disampaikan oleh guru saat didalam kelas, sehingga tujuan evaluasi belajar memang tersampaikan.

Meski ada saduran dari soal mid semester, namun harus disesuaikan dengan materi yang disampaikan, karena tujuan semesteran adalah untuk melihat ketuntasan bajar dengan menggandeng pihak pengawas sekolah, yang akan mengevaluasi soal yang dibuat, diharapkan layak untuk dikonsumsi oleh para siswa sesuai dengan materi yang disampaikan.

“Sebelum digandakan terlebih dahulu soal ditelaah oleh tim pengawas di lingkungan Kecamatan Cambai dan evaluasi dari kepala sekolah secara berkelanjutan,”bebernya.

Sementara pantauan koran ini pelaksanaan ujian semester ganjil tahun 2019, dijadwalkan akan digelar mulai Senin 2 Desember mendatang. Saat ini pihak sekolah yang berada di gugus XIII seluruh sekolah SD di Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih sudah mengambil soal yang ditampung di ketua gugus.

“Sejak dua hari terakhir,  pendistribusian soal sudah dilangsungkan. Kita baru sempat ngambil hari ini. Soal diambil  sesuai dengan mata pelajaran dan jumlah siswa, “tambah Kepala Sdn 72, Jusmani SPd.(05)

 

 

Komentar

News Feed