oleh

Berantas Pungli, Sekolah Dukung Tim Saber

-Pendidikan-157 views

PRABUMULIH – Ketua MKKS SMK Kota Prabumulih, Son Suarly MPd mengajak seluruh sekolah berperan aktif mendukung tim sapu bersih (Saber) dalam memberantas pungutan liar (Pungli) di sekolah.
“Sesuai peraturan presiden nomor 87 tahun 2016 tentang satuan tugas dan sapu bersih pungutan liar (pungli) ini, kita meminta agar jangan sampai ada sekolah dan komite tersandung masalah terkait pungli itu,” ujar Ketua MKKS SMK Kota Prabumulih, Son Suarly MPd ketika menyampaikan kata sambutannya dalam sosialisasi terkait sapu bersih pungli dilingkungan SMA/SMK dihadapan para puluhan tamu undangan yang hadir bertempat di SMA Negeri 2, Selasa (14/2).
Menurut Son, begitu ia – biasa disapa, saat dibincangi seusai acara, menuturkan sosialisasi diadakan agar para peserta dalam hal ini kepala sekolah, pembina dan ketua OSIS, bendahara dan komite sekolah se-SMA/SMK dapat memahami bentuk-bentuk pungli di sekolah.
“Agar mereka (sekolah, red) dapat mengerti kegiatan apa saja yang termasuk dalam kategori pungli dan tidak, serta bagaimana cara mengatasi agar kegiatan yang dilakukan tak termasuk pungli,” jelasnya.
Son menerangkan apabila sekolah tersebut tetap bersikeras melakukan perbuatan kurang baik diluar daripada aturan yang ditentukan, sekolah bersangkutan siap-siap berurusan dengan pihak yang berwajib.
“Apabila diluar Juklat/Juknis yang ditetapkan pemerintah, sekecil apapun bentuk pungli yang dilakukan disekolah akan berhadapan dengan hukum,” ucapnya.
Sementara, Ketua musyawarah kelompok kerja kepala sekolah (MKKS) SMA Ruslan Maladi MPd melalui Sekretaris Dahril Amin MPd menambahkan, sosialisasi dilakukan tidak lain bertujuan supaya seluruh SMA/SMK dapatb terhindar dari pungutan liar itu sendiri.
“Ini untuk menghilangkan image buruk publik terhadal pelayanan di sekolah selama ini dan memberikan efek jera kepada pratek pungli,” tambahnya pria itu yang menjabat selaku Kepsek SMAN 4 ketika dikonfirmasi terpisah, kemarin. (Mg 02)

News Feed