oleh

Bentuk Tim Pantau Pemotongan Hewan Kurban

-Kecamatan-19 views

PRABUMULIH – Setelah melakukan pemantauan dan pemeriksaan terhadap hewan kurban sebelum pemotongan (ante mortem). Dinas Pertanian Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih juga akan menurunkan tim khusus untuk melakukan pemeriksaan setelah pemotongan (post mortem).

“Tim khusus ini disetujui atas tanda tangan walikota,” kata Kepala Dinas Pertanian Ir H Pribadi Roso S melalui Kabid Peternakan Iswan Hadi SP.

Iswan menuturkan, tim tersebut bertujuan untuk memastikan kesehatan hewan kurban setelah dilakukan pemotongan. “Yang dipotong harus diperiksa untuk melihat apakah benar-benar terhindar dari penyakit. Seperti bebas dari cacing pita atau penyakit hati. Karena kalau ada penyakit itu tidka boleh dikonsumsi,” tuturnya.

Disampaikannya, tim tersebut nantinya akan diturunkan saat hari Raya idul Adha dan saat tasyrik. “Tim akan kita bagi dan disebar dimasjid dan tempat pemotongan di kelurahan desa,” katanya.

Sementara itu, dengan kondisi covid-19 saat ini dalam proses pemotongan hewan kurban dinas pertanian juga memberlakukan protokol kesehatan. Dimana, di lokasi pemotongan tak boleh lebih dari 10 orang. “Harus tetap menjaga jarak. Waktu pemotongan hewan jangan terlalu banyak kumpul, dan maksimal hanya 10 orang,” tambah Kepala Dinas Pertanian Ir H Pribadi Roso S.(08)

 

Komentar

News Feed