oleh

Bentuk Satgas Cegah Kekerasan Rumah Tangga

-Metropolis-59 views

PRABUMULIH – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2A) bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PT2TPA).

Pembentukan Satgas PT2TPA mengandeng sejumlah pihak, antara lain; Unit PPA Satreskrim, PN, BNN dan Kejari.

Ketua TP PKK, Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu mengatakan, setidaknya sudah ada 10 Satgas terbentuk, tujuan untuk melakukan pencegahan hingga menekan angka Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

“Nantinya, Satgas ini kita bentuk tidak hanya sampai tingkat kecamatan. Tetapi, juga hingga kelurahan/desa. Tugas Satgas ini, melakukan pembinaan dan penyuluhan bagi masyarakat masalah KDRT,” akunya kepada awak media, Kamis (19/9).

Lanjutnya, jika terjadi KDRT imbaunya masyarakat tidak sungkan atau enggan untuk melapor. “Sehingga, bisa dilakukan pendampingan dan pembinaan terhadap masalah KDRT tengah dihadapi,” bebernya didampingi Plt Kepala DPPKBP2A, Eti Agustina SKM MKes.

Ia pun meminta, Satgas dibentuk bekerja optimal dan maksimal mengurusi masalah KDRT. Ke depankan, tindak antisipasi dan pencegahan lewat kegiatan pembinaan dan penyuluhan.

“Beri penyuluhan masyarakat, agar mewaspadai masalah KDRT. Jangan sampai terjadi, walaupun masih kerap kali terjadi,” pesannya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda), Elman ST MM menerangkan, Pemerintah kota (Pemkot) merespon positif pembentukan Satgas. Harapannya, bisa dilakukan antisipasi dan pencegahan masalah KDRT di lingkungan masyarakat.

“Masalah KDRT, memang kerap kali masih terjadi. Harapan kita, adanya Satgas ini bisa dilakukan pencegahan dan antisipasi,” ucapnya.

Kalau masih terjadi juga, kata Elman setidaknya bisa dikurangi kejadiannya. “Karena, korban KDRT ini banyak perempuan dan anak memang. Memang diperlukan kesadaran, untuk menghindarinya,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed