oleh

Bentuk Kader Berjiwa Patriot, Agamis

PRABUMULIH – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Prabumulih menggelar kegiatan kursus pembina Pramuka Mahir Dasar, Golongan Penegak (KMD- T)  ke VII tahun 2021, di SMAN  2 Prabumulih, Kelurahan Tanjung Raman, Kecamatan Prabumulih Selatan, Sabtu (5/06/2021).

Kegiatan KMD-T ke VII dengan tema wujudkan Pembinaan Pramuka Handal Pencetak Generasi Tangguh ini dibuka oleh Wali Kota Prabumulih imyang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemkot Prabumulih, Drs Syamsul Rizal SP MSi.

Dalam sambutannya, Syamsul Rizal menyampaikan, ucapan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Karena gerakan pramuka sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda memiliki peran yang strategis menciptakan kader yang berjiwa Patriot dan agamis, yang siap mengabdikan diri untuk masyarakat, nusa bangsa dan agama.

“Gerakan Pramuka yang merupakan pendidikan non-formal dapat dijadikan sarana pendidikan dan pelatihan bagi anggotanya untuk dapat berkarya yang lebih baik, semoga dapat melahirkan pembina Pramuka yang benar-benar siap membina peserta didik yang berpangkalan di gugus depan berdasarkan ketentuan aturan dan undang-undang,” jelasnya.

Pria ini juga menyampaikan rasa terima kasih atas terlaksanaya kegiatan kursus pembinaan pramuka. Dan dia mengajak agar semuanya dapat  memegang teguh semboyan pramuka yang bermakna Ikhlas bakti bina bangsa berbudi bangsa laksana. “Mari kita laksanakan semboyan Pramuka dengan aktivitas dan dalam kegiatan kita sehari-hari sehingga terwujud jiwa Pramuka didiri kita dan para peserta,” ujarnya seraya mendoakan agar kegiatan tersebut berjalan lancar dan sukses.

Sementara,  Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Prabumulih sekaligus Pimpinan Kursus, Taf Tazani SPd MM menyampaikan bahwa kegiatan dilaksanakan untuk membina dan menjadikan peserta sebagai kader yang berjiwa patriot dan agamis.

Kegiatan segmental ini akan dilaksanakan setiap akhir pekan  mulai dari Sabtu 5 Juni sampai 27 Juni 2021 mendatang. Kegiatan diikuti sebanyak 32 orang peserta yang terdiri dari peserta di Kota Prabumulih hingga di luar kota Prabumulih, dengan pertemuan secara tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Tujuan kegiatan adalah agar para pembina Pramuka dapat melaksanakan pembinaan menindik anggota pramuka di gugus depan dengan baik. Kursus dilaksanakan dengan sistem segmental, yang disampaikan per segmen secara berturut dan terprogram sesuai dengan petunjuk PP Kwarnas Nomor 047 dan 048 tahun 2018 tentang pendidikan dan Kurikulum Pendidikan orang dewasa,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini juga dibagikan sertifikat akreditasi sebanyak 7 Gugus Depan, dengan nilai A untuk SMAN 2, SMP 5 dan SMP Muhammadiyah, sedangkan B SDN 6  MIN dan SMP 1.

Ketua Kwarcab H A Sobari SH menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada tujuh kepala sekolah selaku kamabigus yang telah berhasil menerima sertifikat akreditasi pangkalan masing-masing.

Mantan sekretaris daerah kota Prabumulih ini mengatakan bagi Kamabigus yang pangkalnya belum terakreditasi, kiranya dapat mempersiapkan pangkalannya untuk diakreditasi, sebagai tolak ukur keberhasilan dari penerapan undang-undang nomor 12 tahun 2020.

“Berbagai lang dan persiapan jelang penilaian, bisa belajar pada pangkalan yang telah berhasil mendapatkan sertifikat akreditasi. harapan kami dalam waktu tidak terlalu lama, semua pangkalan di Kota Prabumulih sudah terakreditasi sekurang-kurangnya berpredikat baik,”kata Sobri.

Diketahui  acara ini juga dihadiri Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Prabumulih, Joko Firdaus SH, Waka Binawasa, M. Rasyid S.Ag MM, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Prabumulih, H Achmad Sobri SH, dan Kapusdiklatcab Prabumulih, Sarman Zahir SH, serta Lurah Tanjung Raman, Lenawati SE, Camat Prabumulih Selatan, Sukarmo SH, Ketua MKKS SMA Dr Dahril Amin MPd, dan beberapa Kepala Sekolah di Kota Prabumulih. (05)

Komentar

News Feed