oleh

Belum Ada Kasus Kebakaran Lahan yang Menonjol

-Kecamatan-11 views

PRABUMULIH – Meski telah memasuki musim kemarau, namun kejadian kebakaran di Kota Prabumulih belum ada peningkatan yang signifikan jika dibanding tahun lalu.

Di Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) misalnya, hingga kini belum ada kasus kebakaran hutan dan lahan di wilayah yang rawan terjadi kebakaran ini.

“Sampai saat ini belum di RKT ado buk kebakaran lahan, melalui kelurahan desa sosialisasi  pencegahan rutin dilakukan,” kata Plt Camat RKT Satria Karsa SE Selasa (8/9/2020).

Satria menuturkan, upaya pencegahan dilakukan dengan sosialisasi larangan pembakaran lahan dan hutan. “Terus disampaikan, bahwa dilarang membakar lahan dan hutan. Jadi kalau mau buka lahan tidak boleh membakar,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sriyono SH mengakui, saat ini baru terdapat 1 kasus kebakaran lahan. “Sejauh ini kebakaran berkurang, belum terlalu seperti tahun lalu,” ujarnya.

Meski demikian, saat ini BPBD tetap menangani sejumlah pengaduan dari masyarakat yang masuk ke operator  0713300696. “Sementara ini evakuasi sarang tawon, ular, kucing. Masyarakat melapor ke posko langsung kita tindaklajuti,” bebernya mengatakan operator aktif selama 24 jam.

Disinggung mengenai kelengkapan sarana dan SDA yang ada di BPBD saat ini, menurut Sriyono masih cukup dan mampu mengatasi kejadian kebakaran. “Untuk armada alhamdulillah cukup, kita ada bantuan dari Provinsi. Sementara personil ada 45 sementara cukup. Kalau memang memungkinkan ditambkan ke pos-pos,” jelasnya.

Lalu adakah pelatihan khusus untuk petugas pemadam kebakaran? “Pelatihan khusus belum oleh covid inikan, insya allah tahun depan ada pelatihan khusus, kalau ada diklat akan diikuti,” pungkasnya.(08)

 

Komentar

News Feed