oleh

Belum Ada Kasus Baru Covid-19, Kota Nanas Pertahankan Zona Hijau

-Metropolis-28 views

PRABUMULIH – Gugus Tugas (Gugas) Covid-19 menetapkan Prabumulih bersama dengan sejumlah kota/kabupaten lain status zona hijau.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Happy Tedjo TS MPH dikonfirmasi membenarkan hal itu. “Sebenarnya, Prabumulih sudah lama berstatus zona hijau secara otomatis. Karena, zero kasus Covid-19. Semua pasiennya, sembuh semuanya. Tetapi, data baru mereka Gugas Covid-19 Provinsi,” ujar Tedjo dikonfirmasi awak media, Rabu (17/6).

Terkait banyaknya beredarnya, informasi adanya kasus baru di Prabumulih. Tedjo membantah tegas hal itu, karena Kota Nanas ini sejauh ini belum ada kasus baru dan masih tetap zero kasus.

“Setiap informasi kita tindaklanjuti dengan kroscek dilakukan tim surveillance. Untuk mempertahankan status zona hijau dan zero kasus, kita minta dukungan semuanya untuk mematuhi protokol kesehatan dan juga Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Khususnya, pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan, hindari keramaian, makanan bergizi dan lainnya,” imbau Tedjo.

Sambungnya, masyarakat boleh waspada dan berhati-hati terhadap Covid-19. Tetapi, tidak boleh ketakutan berlebih sehingga menimbulkan kepanikan.

“Informasikan saja kepada petugas kita di lapangan, jika ada indikasi kasus Covid-19. Panangganannya, kita lakukan secara cepat untuk memutus mata rantai Covid-19. Supaya tidak menyebar kemana-mana,” ujar Tedjo.

Sebagai antisipasi dan pencegahan, kata dia, petugas di lapangan rutin melakukan screening dan deteksi dini lewat rapid test dan juga swab.

“Belum lama ini, ada informasi kasus. Kita tidak lanjuti, rapid testnya reaktif. Namun, dilakukan swab dua kali negatif,” pungkasnya. (03)

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed