oleh

Belum ada Gejolak Kesulitan Pupuk

BELITANG – Memasuki musim tanam rendeng di Kabupaten OKU Timur, petani berharap stok pupuk tercukupi.

Sebab, jika melihat tahun-tahun sebelumnya, saat memasuki musim tanam rendeng, banyak petani yang kesulitan mencari pupuk.

“Pupuk harus tersedia sesuai kebutuhan petani, dengan demikian para petani tidak khawatir saat proses penanaman,” ungkap salah satu petani di Desa Kemuning, Kecamatan Belitang II, Sampurno (45).

Sampurno menyebutkan, awal musim tanam rendeng diperkirakan mulai terjadi pada akhir November sampai pertengahan Desember 2018. Dia menyebutkan, daerah yang biasanya pertama melakukan tanam adalah desa yang berada di aliran sungai irigasi.

“Kita sebagai petani memang berharap untuk ketersediaan pupuk dapat mencukupi kebutuhan petani,”jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur, Ir Ruzuan Efendi sejauh ini ketersediaan pupuk subsidi untuk kebutuhan petani belum ada gejolak dilapangan, kemudian pihaknya juga terus melakukan pemantauan untuk masalah ketersediaan pupuk ini.

“Ketersedian pupuk bersubsidi dirasa masih aman, lantaran belum ada petani yang mengalami kesulitan dalam mencari pupuk. Kita akan segera melakukan tindakan jika memang ada gejolak masalah pupuk ini,”ujarnya.(dira)

News Feed