oleh

Beli Buku Penuhi Kekurangan

-Pendidikan-11 views

PRABUMULIH – Setiap tahun selalu ada perubahan jumlah siswa di setiap kelas. Adanya siswa yang baru masuk dan ada juga yang keluar untuk pindah sekolah, juga mempengaruhi jumlah buku paket sebagai sarana penunjang proses pembelajaran, yang akan dipinjam pakaikan pada siswa.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pihak sekolah terpaksa membeli sejumlah buku sesuai dengan kebutuhan untuk memenuhi kekurangan jumlah buku di sekolah sebagai sarana pembelajaran.

Di SDN 82 Prabumulih misalnya,  setidaknya ada puluhan buku yang harus dibeli untuk memenuhi kebutuhan kekurangan, terutama untuk siswa baru. “Tidak semua kelas mengalami kekurangan namun rata-rata ada yang kurang sehingga kita perlu memesan tambahan karena masuk tahun ajaran baru buku tersebut harus segera digunakan Jadi sebelum masuk tahun ajaran baru buku sudah tiba di sekolah.

“Seperti buku kelas 1, itu materinya per tema. Sedangkan dalam 1 tahun ada 8 tema, artinya jika kelas 1 ada kekurangan untuk  5 siswa, maka 1 tema harus diakali 8,”jelas Kepala Sekolah SD Negeri 8 2 Prabumulih Maymunah SPd, Selasa (30/6/2020)

Menurut wanita yang biasa disapa May ini, berdasarkan kalender pendidikan memang saat ini sedang waktunya libur sekolah. Sehingga para guru memang benar-benar libur. Meski begitu beberapa pegawai bagian tata usaha dan operator sekolah, diminta untuk tetap stand by.

“Karena urusan kedinasan kadang mendadak, jadi mau tidak mau harus stand by. Kita rapat juga kadang-kadang harus membawa berkas yang harus disiapkan terlebih dulu,” bebernya.

Wanita yang pernah menjalankan tugas sebagai PLt kepsek di SD Negeri 72 Prabumulih ini, mengatakan kantornya merupakan rumah kedua. Sehingga meskipun sesuai kalender pendidikan dalam suasana libur namun dirinya selalu menyempatkan untuk datang ke sekolah dan mengecek lingkungan sekolah.

“Ya walaupun hanya sebentar namun setiap hari kerja, saya selalu datang ke sekolah meskipun hanya sekedar melihat lihat, keliling mengecek lingkungan sekolah,”tandasnya.(05)

 

 

 

Komentar

News Feed