oleh

Belanja di Terminal, IPEMI Sosialisasi Tas Guna Ulang

-Metropolis-42 views

 

PRABUMULIH – Upaya Pemerintah Kota (pemkot) untuk meramaikan pasar pagi di terminal jalan Lingkar, didukung oleh banyak pihak. Tak hanya OPD, organisasi kepemudaan, organisasi wanita dan masyarakat turut serta meramaikan pasar pagi dengan tetap mengutamakan protokol covid-19.

Nah, ada yang menarik di pasar pagi tersebut. Bila biasanya masyarakat berbelanja dengan menggunakan kantong kresek, kali ini banyak masyarakat yang berbelanja dengan membawa tas guna ulang atau sangkek.

Seperti IPEMI Kota Prabumulih, anggota yang berbelanja membawa tas guna ulang. Bahkan ada yang membawa sangkek. “Jadi selain mendukung pemerintah meramaikan pasar menghidupkan ekonomi warga, kita sekaligus sosialisasi tas guna ulang. Berbelanja dengan membawa tas sendiri,” kata Ketua IPEMI Siska Nasril SE.

Hanya saja memang kata Siska, beberapa barang terpaksa harus tetap menggunakan plastik lantaran tak semua bisa dibawa tas guna. “Mungkin karena kawan-kawan terlalu bersemangat belanja, jadi belanjanya banyak tas yang dibawa kecil jadi ada yang dengan kantong. Tapi kedepan mungkin akan bawa sangkek besar,” bebernya.

Siska menuturkan, kondisi pasar di Jalan Lingkar sangat nyaman. Bersih, dan sangat luas sehingga pembeli leluasa untuk berkeliling. “Nyaman pokoknya, mudah-mudahan akan terus seperti ini. Masyarakat yang belanja makin nyaman dan ramai kesini, yang jualan juga mereka terlihat gembira,” tuturnya.

Sementara itu Humas IPEMI Hj Yunita Lukman ST MSI, yang juga merupakan Kasi Penegakan Hukum Lingkungan di Dinas Lingkungan Hidup menuturkan IPEMI salah satu organisasi yang juga turut serta mendukung pemerintah dalam mengurangi sampah kantong plastik. “Jadi secara tidak langsung ada beberapa hal yang kita sosialisasikan, mengajak masyarakat berbelanja di terminal dan mengurangi sampah plastik,” terang istri Imam Basuki SE ini.

Dilanjutkan Yunita, dalam mendukung pemerintah mengurangi kantong plastik. IPEMI Pusat juga telah mengeluarkan produk kantong ramah lingkungan dari bahan singkong. “IPEMI Pusat juga memang sejak akhir tahun 2019 mengeluarkan kantong  yang mudah terurai, jadi mengurangi sampah plastik memang sudah jadi program IPEMI,” tukasnya.

Untuk diketahui, IPEMI Kota Prabumulih merupakan salah satu organisasi yang berkomitmen mendukung pemerintah dalam memutus penyebaran covid-19. Selain membantu petugas kesehatan dengan menyalurkan APD serta vitamin dan makanan tambahan, IPEMI turut menyediakan tedmon bagi masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan.(08)

               

 

Komentar

News Feed