oleh

Belajar Daring Susah Sinyal

-Kecamatan-19 views
  • Warga Sinara Kumpul di Balai Desa

SINAR RAMBANG – Susah sinyal, menjadi kendala bagi anak-anak di desa Sinar Rambang (Sinara) Kecamatan Rambang Kapak Tengah saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)  melalui daring.

Tak pelak, untuk belajar anak-anak masih terkendala jaringan yakni harus mencari sinyal terlebih dahulu. Beruntung, terdapat banyak sinyal di balai desa yang ada di dusun I. “Kalau sinyal susah nian disini, apolagi kalau kirim video atau nerima video dak biso kalau dari rumah harus cari tempat sinyal banyak,” kata Karin salah satu pelajar di desa Sinar Rambang.

Menurut Karin, sejak awal penerapan PJJ puluhan di desanya sering datang ke balai desa. “Disano banyak sinyal, jadi kalau belajar kami disano,” tuturnya mengaku akan pulang bila tugas dan belajar sudah selesai.

Sementara salah satu orang tua siswa, Sairil mengaku selain susah sinyal kendala lain yang dialami yakni ketersediaan kuota.

Sebagai petani karet, sudah tentu dalam membeli kuota tak jarang tersendat. “Beras penting, kuota anak untuk sekolah penting jugo. Jadi 2 2 nyo harus dibeli galo, sementara karet murah,” imbuhnya.

Kepala Desa Sinar Rambang Indarqo menuturkan, sejuah ini pemerintah desa hanya sebatas menyiapkan tempat siswa belajar. Namun belum bisa memberikan wifi secara gratis.

“Belum ada jaringan internet di desa, sinyal saja masih susah. Besar harapan kami agar segera di bantu penyediaan wifi atau jaringan di desa kami. Dengan begitu anak-anak akan sangat terbantu,” harapnya.

Untuk belajar Indarqo mengakui, anak-anak belajar secara bergantian. Hal itu dikarenakan, pembatasan jumlah siswa yang datang dalam rangkan menerapkan protokol kesehatan.

“Meja kursi kami siapkan, agar mereka belajar nyaman. Yang belajar dibagi waktunya, tidka boleh lebih dari 5. Kalau yang perempuan pagi – siang. Kalau laki-laki dari sore sampai ada yang malam juga,” tukasnya.(08)

 

 

 

 

Komentar

News Feed