oleh

Bekali Guru Gunakan Aplikasi VC

-Pendidikan-10 views

PRABUMULIH – SMK PGRI 2 Prabumulih, beri pengetahuan guru untuk menggunakan Virtual Conference (VC).

Hal ini dilakukan dalam rangka membekali para guru agar dapat memanfaatkan kuota bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dimasa pandemi virus corona.

“Saat ini memang belum sepenuhnya guru dan siswa mendapatkan bantuan dari Pemerintah, untuk itu sebelum semuanya mendapatkan kuota maka kita bekali dulu para guru, skill khusus untuk memanfaatkan aplikasi yang ada pada bantuan tersebut,”jelas Kepala Sekolah SMK PGRI 2 Prabumulih, Heny Wahyuni SPd,  saat dikonfirmasi diruang kerjanya Rabu (23/9/2020).

Dia mengatakan semua aplikasi yang ditawarkan atau yang merupakan bantuan oemerintah hanya bisa digunakan untuk aplikasi pendukung pertemuan secara tatap muka, belajar jarak jauh, dalam jaringan (daring).

Dalam kuota bantuan pemerintah, tidak bisa digunakan sepenuhnya untuk membuka aplikasi yang ada pada umumnya. Sehingga kuota 45 GB untuk guru dan 32 untuk siswa, diharapkan dapat sepenuhnya dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh.

“Karena itu kita perlu membekali para guru agar dapat memanfaatkan bantuan kuota dari pemerintah pusat. Sangat sayang sekali jika tidak dimanfaatkan, “jelasnya seraya mengatakan kegiatan melaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan, yang dilaksanakan di ruang praktek siswa.

Beberapa aplikasi yang disampaikan diantaranya adalah cara menjadi admin aplikasi zoom meeting dan webex, yang sering digunakan untuk vc.

Hendri Ramadhona SPd, yang menjadi nara sumber workshop, bidang IT di SMK PGRI 2 Prabumulih mengatakan, selama  ini pada guru hanya menerima sebagai peserta di aplikasi yang menyediakan vc.

“Nah hari ini kita bekali guru, cara penggunaan aplikasi vc webex dan zoom meeting. Cara untuk menjadi operator atau admin yang harus dijadwal sebelumnya, untuk memulai pertemuan dari jarak jauh,”jelasnya yang didampingi Waka Kurikulum Ratna dewi SPd dan koordinator pelaksanaan kegiatan, Hendri Noprianto SPd.

“Langkah ini dilakukan sebagai persiapan ketika menerima bantuan dari Kementrian, sekarang belum turun semua, saat bantuan turun maka para guru sudah siap mengajak siswa untuk tatap muka dari jarak jauh,”tandasnya.(05)

 

 

 

 

Komentar

News Feed