oleh

Beberapa Pasangan Batal Isbat

  • Tak Lengkap Administrasi hingga Nikahi Istri Kedua

PRABUMULIH – Dari ratusan peserta nikah isbat yang dilaksanaka gratis oleh Pemerintah Kota (pemkot) beberapa waktu lalu, ternyata terdapat beberapa peserta yang ditolak sehingga gagal mengikuti isbat.

Adapun alasan penolakan tersebut, dikarenakan berbagai hal. “Ada yang karena tidak hadir, kemudian saat adminitrasi tidak lengkap karena ternyata istri kedua jadi gagal. Tapi itu sangat sedikit tidak banyak hanya 4 atau 5 pasangan,” kata Kabag Kesra H Sugiarto SKm melalui H Hairudin SAg saat dikonfirmasi terkait pelaksaan isbat.

Udin – begitu disapa mengaku, saat pemeriksaan kelengkapan administrasi terdapat pula pasangan yang tak membawa bukti keterangan. “Ada yang tidak bisa menunjukkan surat keterangan istri sudah meninggal,” imbuhnya.

Nah, meski ada yang ditolak namun lanjut dia masih ada kesempatan bagi peserta untuk melengkapi administrasi tersebut. “Kalau mereka mampu memenuhi adminsitrasi, masih bisa dilaksanakan tapi di kantor Pengadilan Agama,” tukasnya mengakui untuk pelaksaanaan berjalan sangat lancar.

Sementara itu Kepala Desa Sinar Rambang Indarqo, berterima kasih karena telah memberikan kemudahan bagi warganya untuk menjadi pasangan yang sah dimata hukum. “Dari desa kami ada 6 pasangan yang mengikuti isbat, alhamdulilah lancar dan sudah memiliki buku nikah sekarang,” katanya.(08)

 

Komentar

News Feed