oleh

Bau Tak Sedap di Goddison Park

-Olahraga-23 views

LIVERPOOL – Kesempatan Liverpool untuk meraih poin penuh melawan Everton kembali gagal. Datang sebagai tim tamu, The Red harus puas dengan hasil kacamata dengan rival sekotanya dalam derby Merseyside di lanjutan Premier League pekan ke-30 di Goodison Park, Senin dini hari WIB (22/6).

Laga bertensi tinggi itu menjadi bukti bahwa sangat sulit bagi kedua tim meraih hasil maksimal. Hasil ini membuat The Reds belum bisa merayakan pesta juaranya lebih cepat. Ya, tambahan satu poin membuat Sadio Mane dkk hanya berjarak empat poin lagi dari gelar juara. Sayangnya, Everton harus terjungkal ke posisi 12 dengan raihan 38 poin.

Skuad Jurgen Klopp tampak mengawali laga dengan meyakinkan terus melakukan penekanan. Meski laga tanpa penonton, tensi pertandingan tetap tinggi sejak bunyi peluit awal ditiupkan. Pelatih Everton Carlo Ancelotti benar-benar memperlihatkan pragmatisme pada laga ini. Liverpool benar-benar tampil agresif dan atraktif meski Mohamed Salah harus dicadangkan di menit pertama.

Peluang pertama hadir dari gelanadang Liverpool asal Jepang, Takumi Minamino. Sontekan kerasnya dari luar kotak penalti menjadi efek kejut bagi gawang Everton. Sayangnya, tembakan itu masih jauh dari sasaran. Trio Takumi Minamino, Roberto Firmino, dan Sadio Mane mencoba sedemikian rupa untuk mencapai titik terbaik.

Beberapa peluang mereka dapati, sayang performa apik barisan belakang Everton membuat Liverpool sangat sulit mencetak gol karena tekel-tekel memikatnya. Lini bertahan The Toffes sempat dikhawatirkan karena memang identik dengan blunder dan kesalahan. Tapi, pada laga ini back-four mereka tampil sempurna ditambah Jordan Pickford yang juga sedang in.

Dilansir dari Whoscored, total ada 20 tekel yang berhasil dikemas Mason Holgate dkk dalam laga kandangnya kemarin. Berbanding 16 tekel yang dihasilkan barisan pertahanan Liverpool.

Pertengahan babak pertama, jual beli serangan terjadi. Sundulan Joel Matip gagal dikonversikan menjadi gol usai menerima crossing dari Trent Alexander-Arnold pada menit ke-30. Pada menit ke-32, striker Everton Richarlison ikut gigit jari setelah sundulan kerasnya tak menemui serangan.

Peluang Liverpool mencetak gol pertama sebenarnya bisa terjadi di menit ke-34. Sayangnya, penyelesaian akhir Roberto Firmino hanya menghasilkan tendangan gawang untuk The Toffees. Kiper Everton Jordan Pickford tampil impresif, penguasaan area yang matang berperan penting menghalau serangan tim tamu termasuk menepis free kick melengkung Alexander-Arnold pada menit ke-41.

Babak kedua dimulai dengan tempo sedang. Everton mulai banyak memainkan gaya pasif menghalau tiap serangan Virgil van Dijk dan kolega. Hingga satu jam laga berjalan, Liverpool masih kelimpungan dalam meruntuhkan tembok pertahanan Everton. Tak ayal, beberapa peluang yang dibuat lini depan Liverpool tidak juga bisa dikonversi dengan baik. Lini depan The Red juga terlihat kalah saing dengan barisan belakang Everton.Padahal, pertandingan ini secara keseluruhan berjalan satu arah di mana Liverpool terus menekan tim tuan rumah.Tak ada gol tercipta hingga laga bubar. (fin/tgr)

Susunan pemain :

Everton 0-0 Liverpool

Everton (4-4-2) : Jordan Pickford ; Seamus Coleman, Mason Holgate, Michael Keane, Lucas Digne, Anthony Gordon (Gylfi Sigurdsson 60?), Andre Gomes, Tom Davies, Alex Iwobi (Bernard 88?), Dominic Calvert-Lewin, Richarlison.

Liverpool (4-3-3) : Alisson Becker ; Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Joel Matip (Dejan Lovren 73?), James Milner (Joe Gomez 43?), Jordan Henderson, Fabinho, Naby Keita (Georginio Wijnaldum 65?), Takumi Minamino (Alex Oxlade-Chamberlain 46?), Roberto Firmino (Divock Origi 65?), Sadio Mane.

Komentar

News Feed