oleh

Batang Besar Melintang di Kelekar

-Kecamatan-315 views

MAJASARI – Sejak beberapa hari ini, batang pohon berukuran besar melintang di sungai kelekar Kelurahan Majasari Kecamatan Prabumulih Selatan.
Menurut warga RT 6 RW 4, batang pohon tersebut merupakan batang kiriman yang terbawa arus saat debit air sungai kelekar pasang saat hujan deras.
“Kalau idak salah hari minggu, waktu banyu lagi besak batang itu nyangkut oleh keno tanah,” kata Yunus warga setempat.
Keberadaan batang berukuran panjang 12 meter itu ungkap dia, terpaksa dibiarkan oleh warga mengingat masyarakat tak memiliki upaya untuk mengangkutnya. “Itu besak, pecaknyo rengas. Ado rencano nak dipotong tapi dak biso jugo kalau pakai parang biaso, harus make mesin,” jelasnya.
Sementara jika tak diangkut atau tetap dibiarkan melintang di sungai, keberadaan batang dikhawatirkan akan menyumbat sampah kiriman yang dibuang masyarakat di sungai. “Pasti sampah tertahan disini, kagek laju banjir lagi kalau tersumbat,” bebernya.
Hendra warga lainnya berharap, agar kiranya dinas terkait bisa membantu untuk mengangkut batang pohon yang melintang di sungai Kelekar tersebut. “Sebab kalaupun harus diangkat, ini harus dipotong-potong dulu. Sementara untuk dipotong alat seadanya sulit, harus mesin,” jelasnya.
Pantauan koran ini kemarin, berbeda dengan para orang tua yang rata-rata khawatir dan berharap kayu diangkut. Justru anak-anak memanfaatkan batang untuk mandi di sungai sembari bermain. “Ini tambah bikin khawatir, lah beberapa hari ini mandi di sungai terus sejak ada kayu itu. Padahal sudah dilarang,” lanjut warga. (05)
BATANG POHON: Batang pohon yang melintang di Sungai Kelekar Kelurahan Majasari tepatnya di RT 6 RW 4.
Photo: ros/prabupos

News Feed