oleh

Baru 65 Berkas CPNS yang Dinyatakan Lengkap

PRABUMULIH – Kantor Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menjelang penutupan penyerahan berkas Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lulus seleksi, kemarin (9/1) makin ramai.

Pantuan koran ini, kemarin sejumlah CPNS yang lulus beserta keluarganya rela ngapar di lantai Kantor BKPSDM yang berada di Lantai 3 Gedung Pemerintah kota (Pemkot), untuk memastikan berkasnya lengkap sebelum diserahkan.

Iwan, salah satu warga yang menemani istrinya yang lulus CPNS. Ia mengatakan, baru kemarin sempat menyerahkan berkas, lantaran mengurus persyaratan pemberkasan CPNS yang harus dilengkapi.

“Alhamdulillah, semua syarat sudah kita lengkap. Berkasnya pun, sudah kita serahkan BKPSDM. Tinggal menunggu informasi selanjutnya saja,” ujarnya kepada koran ini, Rabu (9/1).

Ia bersyukur, setelah proses panjang yang telah dilalui. Istrinya, bisa lulus seleksi CPNS dan mengabdi sebagai abdi negara di lingkungan Pemerintah kota (Pemkot).

Sementara itu, Uci, salah satu petugas BKPSDM mengatakan, dua hari terakhir ini makin ramai CPNS yang lulus melengkapi berkas dan menyerahkannya. Nah, dari catatannya setidaknya baru sekitar 65 Berkas CPNS lengkap sudah diterimanya.
“Dari absen, total 171 CPNS yang lulus. Sementara ini, sudah masuk ke kita baru 65 berkas,”ucapnya.

Kemungkinan, sambungnya jumlah tersebut terus bertambah. Apalagi, setiap harinya makin ramai CPNS yang lulus melengkapi berkas. “Liat sendiri kak, ini saja masih banyak CPNS yang lulus konsultasi dan melengkapi berkas persyaratannya,” bebernya.

Sambungnya, banyak kesalahan terjadi pada legalisir ijazah. Sehingga, CPNS akhir terpaksa melegalisir ijazahnya. “Legalisir yang dilakukan tidak sesuai ketentuan, makanya terpaksa diulang,” pungkasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKPSDM, Hery Mirhan tak menampik, kalau kian hari jumlah CPNS yang melengkapi berkas jumlahnya terus bertambah. “Informasi kita terima dari petugas baru, 65 berkas yang lengkap. Besok (hari ini, red), pemberkasan terakhir jangan sampai terlambat,”wantinya.

Ungkapnya, khususnya bagi para CPNS yang lulus dalam melegalisir ijazah haru sesuai dengan ketentuan. Sehingga, tidak salah dan mengulang. “Karena, legalisir ijazah butuh waktu. Jangan sampai terlambat, hanya gara-gara menunggu legalisir ijazah,” tandasnya.

Hery memprediksi, jumlah CPNS yang melengkapi berkas akan lebih ramai lagi dihari terakhir. Sebabnya, jika tidak melengkapi berkas hingga 10 Januari. Artinya, CPNS tersebut dianggap mengundurkan diri.

“Sudah jelas aturannya, kalau tidak melengkapi berkas artinya mengundurkan diri. Selain itu, diblacklist oleh BKN dan tidak bisa ikut tes lagi tahun depan,” tambahnya. (03)

News Feed