oleh

Baru 33 RT yang Siap Ikut Lomba

-Kecamatan-278 views

PRABUMULIH – Sejak dibukanya pendaftaran penilaian lomba kebersihan RT RW mulai dibuka di Dinas Lingkungan Hidup (DLH), baru 33 RT yang mendaftar untuk mengikuti penilaian.
33 RT yang sudah didaftarkan oleh Lurah tersebut baru berasal dari tiga Kelurahan yakni Kelurahan Wonosari (Kecamatan Utara) Kelurahan Pasar II (Kecamatan Utara) dan Kelurahan Muara Dua (Kecamatan Timur).
“Yang akan mendaftar masih kita tunggu hingga minggu depan, harapan kami agar yang ikut sebanyak-banyaknya, mulai dari RT, RW dan juga yang ada di desa dalam hal ini Dusun,” kata Ir Dwi Koryani melalui Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3, Iwan Nusmameri ST.
Penilaian tersebut kata Iwan, tak hanya dikhususkan untuk tingkat RT, namun juga dibuka untuk RW dan Dusun. “Disamakan, karena bisa jadi yang diikutsertakan berada ditengah-tengah atau perbatasan RT jadi yang diikutkan RW, untuk Dusun sampai sekarang belum ada kita harap segera mendaftar,” ajaknya.
Iwan menuturkan, meski hanya tingkat paling rendah yakni RT. Namun untuk kriteria penilaian sama seperti penilaian Adipura. “Berpedoman pada Kepmen LHK tentang pelaksanaan adipura, dengan begitu akan ada tahap I dan tahap 2 dengan sejumlah kriteria yang dinilai dilapangan,” tuturnya.
Untuk penilaian tahap I nantinya akan dilakukan oleh tim penilai dari komunitas lingkungan yang ada di Kota ini. “Dari seluruh peserta tim penilai hanya akan menentukan 10 yang terbaik, yang kemudian 10 itu akan mengikuti penilaian tahap II dengan juri Wako, Wawako, Sekda didampingi BLH,” jelasnya.
Hadiahnya sendiri ungkap Iwan sangat tinggi yakni untuk Juara I Rp 35 juta, Juara II Rp 20 juta dan juara III Rp 10 juta. “Dengan pajak 25 persen,” ucapnya.
Lebih jauh Iwan mengungkapkan, tujuan diadakannya penilaian kebersihan lingkungan paling bawah tersebut tak lain untuk mempersiapkan Kota Prabumulih menjadi kota bersih, asri dan tertata rapi. “Apalagi jika semua berpatisipasi, semua lingkungan akan indah, atau paling tidak kita ubah berlahan dimulai dari masing-masing RT,” sambungnya.
Sementara itu Lurah Kelurahan Muara Dua Muslim SE menuturkan, untuk wilayahnya sudah 17 RT yang menyatakan siap untuk mengikuti penilaian tersebut. “Yang siap kita daftarkan, diantaranya yang ada di RT 2 RW 6 perumahan Vina Asri,” imbuhnya.
Dengan banyaknya RT yang berpartisipasi, ungkap Muslim nantinya diharapkan akan ada peserta yang masuk dalam nominasi penilaian tahap II. “Keinginan pasti seperti itu, namun saat ini semua focus untuk membenahi bersama-sama bergotong royong,” ungkapnya.
Salah satu RW yang siap untuk mengikuti penilaian adalah RW 1 kelurahan Pasar II, melalui ketua RW Muhajir masyarakat berharap agar nantinya RW 1 bisa masuk dalam 10 besar. “Penilaian seperti ini memang sudah lama kami nantikan, makanya begitu dibuka kami langsung daftar. Alhamdulillah atas dukungan dari masyarakat, lingkungan kita mulai banyak perubahan termasuk dengan memiliki unit BSP,” tutur Muhajir.
Ketua Forum Komunitas Hijau (FKH) yang akan menjadi juri penilaian tahap I Desti Fajarini mengajak kembali agar RT, RW dusun turut serta dalam penilaian tersebut. “Himbauan sudah disampaikan, yang belum mendaftar silahkan. Kita dari FKH siap menerima RT yang akan berkonsultasi terkait perlombaan,” pungkasnya. (05)
PERSIAPAN: Salah satu RT di kelurahan Pasar 2 mempersiapkan diri menghadapi perlombaan kebersihan RT.
Photo: dok/prabupos
Kelurahan yang Sudah mendaftarkan RT untuk mengikuti Lomba
Kelurahan Jumlah RT
Wonosari 2 RT
Pasar II 10 RT + 2 RW
Muara Dua 17 RT
Karang Raja 2 RT
Total———————33 RT/RW

News Feed