oleh

Bantu Korban Sesak Nafas

-Kecamatan-60 views

PSC Siaga Dititik Karhutla

PRABUMULIH – Selama musim kemarau, Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terjadi dibeberapa wilayah di Kota Prabumulih.

Tak hanya petugas pemadam kebakaran yang terjun kelokasi, ambulance dan petugas Public Safety Center (PSC) 119 dari Dinas Kesehatan juga turut disiagakan dilokasi kebakaran.

Kepala Dinas Kesehatan dr H Happy Tedjo S MPh melalui Kasi Pelayanan Kesehatan Rujukan Lasia Warni SKM MSi mengutarakan PSC sudah beberapa kali siaga dilokasi karhutla. “Sudah 6 kasus kebakaran lahan yang PSC ikut siaga di lokasi,” kata Lasia yang juga merupakan Koordinator PSC 119.

Lasia mengutarakan, selama standby dilokasi kebakaran sudah terdapat beberapa kasus penderita sesak nafas yang ditangani. “Pernah ada kasus sesak warga yang ikut memadamkan, ada juga petugas dari damkar yang mengalami sesak,” ungkapnya.

Petugas ungkap dia, menyiagakan peralatan untuk penapasan dan obat sebagai antisipasi penanganan bila terjadi hal tak diinginkan saat terjadi karhutla. “Selagi menerima informasi, kami tim PSC selalu siaga dan siap terjun untuk keselamatan masyarakat atau petugas damkar,” terangnya menambahkan tak hanya kebakaran lahan, saat kasus kebakaran pemukiman PSC juga turut menerjunkan petugas untuk membantu keselamatan para korban.

Lebih lanjut, ia menambahkan selain bersiaga dilokasi pihaknya juga membagikan masker baik kepada petugas atupun masyarakat sekitar. “Masker sebagai pelindung dari asap dibagikan saat berada dilokasi kebakaran lahan,” tukasnya.

Sementara sebelumnya, Plt Kepala Dinas Sat Pol PP dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Hartono menerangkan peristiwa kebakaran lahan ditahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya. “Total kejadian kebakaran saat ini 118, sementara sejak kemarau ini hampir separuhnya itu lebih banyak kebakaran lahan,” kata Hartono.

Ia menyampaikan selama musim kemarau ini, kejadian karhutla hampir terjadi setiap harinya. Sehingga saat ini kata dia, sudah ratusan hektar lahan diwilayah Kota Prabumulih yang terbakar akibat karhutla. ”Kadang 4 -3 kejadian, lahan belukar. Kebakaran terjadi di Sukajadi, Gunung Kemala, Gunung Ibul Padat Karya. Untuk RKT diwilayah Talang Batu,” bebernya mengajak masyarakat untuk tak membakar lahan dan membuang rokok sembarangan.(08)

Komentar

News Feed