oleh

Bangun 2 Pasar Tradisional

SUDIRMAN – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Prabumulih tahun ini bakal membangun sedikitnya dua pasar tradisional atau pasar kalangan. Pasar traisional ini direncanakan dibangun di dua Kecamatan berbeda yakni Kecamatan Cambai dan Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT).
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Prabumulih, Junaidi kemarin (13/3) mengatakan, pembangunan dua pasar tradisional ini diharapkan dapat menjadi penggerak perekonomian masyarakat.
“Rencananya sama seperti bangunan kalangan di Kelurahan Sindur. Hanya saja direncanakan lebih luas. dengan begitu diharapkan transaksi di kalangan tersebut terus meninggat dan kehidupan masyarakat bisa lebih baik,” kata Kepala Dinas perindustrian dan Perdagangan Kota Prabumulih, Junaidi kemarin (13/3).
Lanjutnya, saat ini rencana pembangunan gedung pasar tradisional atau kalangan di kedua kecamatan tersebut sudah masuk dalam masa tender. “Jika sudah selesai proses tender maka pembangunan akan segera di realisasikan dalam waktu dekat ini,” tandasnya.
Lebih jauh mantan Kepala Dinas ESDM ini menambahkan untuk tahun 2018 mendatang, pihaknya juga akan memperjuangkan empat bangunan pasar tradisional lagi. Pria yang memiliki misi untuk memperjuangkan pasar yang bersih sehat dan nyaman ini dapat mewujud.
“tahun ini anggaran Cuma untuk dua gedung dulu, nah tahun depan insyaallah empat pasar. Tiga bangunan gedung baru satu untuk revisi atau perbaikan gedung yang sudah ada, mudah-mudahan dapat terrealisasi,” harapnya.
Sementara Kepala Bidang perdagangan, Idris menambahkan sampai saat ini belum banyak Kelurahan dan Desa yang memiliki bangunan Pasa tradisional. Bangunan tersebut diharapkan dapat memberikan dampak pada perekonomian masyarakat.
“Kalau bangunan kalangan itu bagus, kan bisa menampung banyak pedagang. Nah dengan begitu warga setempat juga bisa jualan. Baik hasil pertanian maupun berbagai jenis makanan yang bisa dijual kepada para pendatang di kalangan,” tambahnya. (03)

News Feed