oleh

Bakal Terima 279.915 Vaksin Covid-19 

-Metropolis-11 views

PRABUMULIH – Rencananya kota Prabumulih akan mendapatkan vaksin Covid-19. Informasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes), Prabumulih bakal menerima 279.915 vial vaksin Covid-19.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Happy Tedjo TS MPH ketika dibincangi awak media, Senin (14/12/2020).

“Informasi tersebut kita terima dari Dinkes Provinsi. Perencanaan Januari, tetapi bisa molor. Itu baru jatah vaksin saja,” jelas Tedjo, sapaan akrabnya, kemarin.

Ungkapnya, karena logistik untuk wadah vaksin belum ada. Perlu disiapkan logistik penampung vaksin, yakni Colchain atau kulkas vaksin. “Tiga anggaran pelaksanaan, menunggu edaran mendagri baru turun 8 Desember lalu, menjadi beban APBD kabupaten/kota. Ini masalah APBD sudah dibahas dan menunggu pengesahan Gubernur,” jelasnya.

Lanjutnya, tenaga medis didata seluruh. Tetapi, untuk siapkan vaksinasi ini belum disusun berapa diperlukan untuk melakukan vaksinasi. “Belum ada petunjuk dari pusat, siapa dulu diberikan vaksin. Baru dari Provinsi arahan tenaga medis dulu,” tukasnya.

Sebelumnya, Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM menyatakan, kesiapannya untuk menjadi yang pertama divaksin. “Saya siap jadi yang pertama divaksin, dan siap menanggung resikonya. Karena, ini saya lakukan demi kepentingan masyarakat,” ujar Ridho.

Suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini mengatakan, agar masyarakat tak perlu takut. Pasalnya, vaksin ini sangat berguna untuk menangkal dan melawan penyebaran Covid-19. Sehingga, pandemi ini segera berakhir dan kehidupan bisa kembali normal seperti semula.

“Kalau kita divaksin, walaupun terpapar Covid-19. Gejalanya hanya ringan saja dan tidak sampai mematikan seperti di tengah pandemi ini,” pungkasnya.

Ayah tiga anak ini menambahkan, agar vaksin segera tiba di Prabumulih dan bisa digunakan dan disuntikan kepada masyarakat. “Sehingga, bisa menangkal dan menekan akan penyebaran Covid-19 dan juga kematian akibatnya,” tambahnya. (03)

 

Komentar

News Feed