oleh

Bakal Gelar KMD Tingkat SMA

PRABUMULIH – Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka Kota Prabumulih bakal gelar Kursus Mahir dasar (KMD) khusus untuk guru SMA di Kota Prabumulih, yang direncanakan akan di gelar di SMAN 2 Prabumulih besok.

Dalam kesempatan ini kegiatan direncanakan akan dibuka langsung oleh Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho yahya MM sebagai dewan penasehat Kwarcab Pramuka Kota Prabumulih.

“Kita sudah mengundang Wali Kota Prabumulih, insyalalah beliau nanti akan membuka langsung acara KMN ke 7 Kwarcab Pramuka Kota Prabumulih,” kata Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Prabumulih, H A Sobri SH kamis (3/6/2021).

Menurut mantan Sekretaris Daerah Kota Prabumulih ini, kegiatan KMD ini dilaksanakan dalam rangka  menindak lanjuti surat Gubernur Sumsel nomor 240/ 0201/ 11/ 2021 tentang pelaksanaan KMD, KML, KPD dan KPL.

Dalam surat tersebut Gubernur Sumsel mengatakan bahwa dalam rangka pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di setiap sekolah, untuk itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel  diminta agar mengambil langkah bersama dengan kwartir daerah gerakan Pramuka Sumatera Selatan dengan membekali para guru untuk mengikuti kursus Mahir dasar (KMD), kursus Mahir lanjutan  (KML) dan kursus pelatih dasar (KPD) dan kursus pelatih lanjutan (KPL).

“Sehingga diharapkan kebutuhan pelatih dan pembina Pramuka di pangkalan atau sekolah-sekolah secara bertahap dapat dipenuhi Kemudian untuk wadah kegiatan pramuka di pangkalan diminta setiap sekolah mempunyai sanggar kegiatan,” bebernya.

Sementara Kapusdiklat Kwarcab Pramuka Kota Prabumulih, AKP Purnawirawan Sarman Zahir SH menambahkan bahwa Ijasah KMD berlaku secara Nasional,hal  ini mengacu pada Peraturan Mentri Pendiidkan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 63 tentang kegiatan Kepermukaan sebagai ekstra kurikuler  wajib di Sekolah.

Selain itu, Kegiatan KMD ini segmental mengacu pada Petunjuk Penyelenggaraan (Pp) Kwartir Nasional ( kwarnaas) nomor 047 tahun 2018 tentang pedoman pembinaan anggota dewasa dalam gerakan pramuka, dan kurikulump Pendidikan dan pelatihan ke Pramukaan PP Kwarnas 048 tahun 2018 tentang sistem Pendidikan dan pelatihan kepramukaan.

“Kita berharap semua sekolah memiliki pembian pramuka yang memilki ijazah yang berlaku secara nasional. Mengingat kegiatan Pramuka merupakan ekstra kurikuler yang waji di sekolah, sebagai organisasi yang membentuk jiwa kemepimpinan sejak dini,” tandasnya seraya mengatakan tahun ini ketua pelaksana KMD adalah Alfran Sanius MPd dan pembina kursus Taftazani SPd MM. (05)

Komentar

News Feed