oleh

Bakal Bangun Lapas Terbesar Kedua di Indonesia. Pemkot Siapkan Lahan 15 Ha

-Metropolis-200 views

PRABUMULIH – Lapas terbesar kedua informasinya akan dibangun di kota Prabumulih. Bahkan pemerintah kota Prabumulih kini sudah menyediakan lahan seluas 15 hektar (Ha) untuk dihibahkan untuk pembangunan Rumah Tahanan (Rutan) ataupun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) tersebut. Adapun lahan yang disiapkan berlokasi di Desa Tanjung Telang Kecamatan Prabumulih Barat.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhum dan HAM) Sumatera Selatan, DR H Sudirman D Hury SH MM MSc didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS), Giri Pribadi, Rabu (24/7) menyempatkan meninjau lokasi lahan yang diperuntukkan untuk pembangunan Rutan atau lapas itu. Sudirman mengatakan, peninjauan ini sebagai tindaklanjut pembicaraan Walikota (Wako) Ir H Ridho Yahya MM dengannya terkait rencana pembangunan Rutan atau Lapas. Pemkot sendiri menyediakan lahan sekitar 15 Ha, untuk dihibahkan untuk pembangunan ini.

“Lahan yang kita cek ini sekitar 15 Ha, rencananya dibangun Rutan atau Lapas. Sebagai, solusi untuk mengatasi masalah overkapasitas yang dihadapi rutan hampir di seluruh Sumsel,” terangnya ketika dibincangi awak media usai peninjauan lahan didampingi Kepala Rutan Kelas IIB, Reza Mediansyah Purnama AMd IP SH.

Kata dia, beberapa waktu lalu, Dirjen PAS juga sudah diundang untuk membahas masalah teknis. Dan, juga sudah dilaporkan ke pimpinan ke Kemenkum dan HAM. Sekarang ini, akunya masih menunggu realisasinya segera.
“Langkah-langkah harus diambil, jika proses hibahnya selesai. Rutan atau Lapas tersebut bisa segera dibangun di Desa Tanjung Telang,” jelasnya.

Lanjutnya, Rutan atau lapas ini juga menjadi rujukan rutan lain untuk pemindahan mengatasi masalah overkapasitas di seluruh Sumsel. “SK hibah inilah menjadi dasar, untuk pembangunan Rutan atau Lapas segera. Karena, status lahannya sudah jelas. Sumber dananya, nanti bisa dari APBN atau lainnya untuk pembangunan ini,” terangnya.

Apalagi kata dia, ada rencana di samping Rutan atau Lapas ini juga bakal dibangun pusat rehabilitas narkoba. Napi narkoba, nantinya bekerja sama dengan BNN bisa dilakukan perehaban. “Jadi, untuk perehaban napi narkoba, tidak perlu jauh-jauh lagi ke Kalianda Lampung, tetap sudah ada di Prabumulih. Program ini sendiri sudah diketahui Pak Gubernur,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda), Elman ST MM menerangkan, kalau Pemkot sendiri telah menyediakan lahan 10-20 Ha di Desa Tanjung Telang, dipersiapkan untuk pembangunan Rutan atau Lapas. “Ini bentuk komitmen Pemkot mendukung penyediaan lahan untuk pembangunan Rutan atau Lapas terbesar khususnya di Prabumulih dan umumnya di Sumsel,” akunya.

Peninjauan lahan sendiri, kata Elman. Sudah dilakukan, Kakanwil Kemenhum dan HAM bersama jajaran. Harapannya, jika lahan ini sudah dihibahkan pembangunan Rutan atau Lapas bisa segera direalisasikan. “Nantinya, lahan itu kita hibahkan ke Kemenhum dan HAM. Untuk segera dibangun dan direalisasikan pembangunan Rutan atau Lapas di Desa Tanjung Telang,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed