oleh

Bagi United, Jude Bukan Anak Bawang

-Olahraga-31 views

 BIRMINGHAM – Tiga raksasa Eropa, Arsenal, Manchester United dan Borussia Dortmund terus menebar radar untuk menjaring bakat muda baru di lini depan, Jude Bellingham. Bellingham adalah talenta muda Inggris yang saat ini berseragam Birmingham City, tetapi perkembangan pesat pemain berusia 16 tahun ini membuat klub-klub top Bundesliga dan Liga Premier sudah tertarik.

Sejatinya, Birmingham sudah siap untuk melepas anak emasnya demi meringankan masalah finansial akibat pandemi ini. Walau demikian, klub yang kini menghuni kasta Championship itu meminta agar klub peminat Bellingham mau membayar sebagian besar nilai transfer di muka.

ESPN melaporkan bahwa perang persaingan antar ketiganya akan berakhir pada penandatanganan anak muda itu untuk akademi mereka, dengan maksud mengembangkannya hingga level teratas. Dari sumber kepada ESPN, Manchester United masih terus menggoda Birmingham dengan janji memberi uang tunai agar bisa memboyong Bellingham ke Old Trafford, sebelum pasar transfer musim panas ditutup. Dilansir dari transfermarkt, market value Bellingham terbilang tinggi yakni EUR 11 juta (Rp174 miliar) untuk kelas pemain wonderkid.

Setelah masuk dalam radar United dan Arsenal, nilai pasarnya meningkat dua kali lipat . Berdasarkan laporan Birminghammail, klub meminta Setan Merah menyiapkan EUR 30 juta untuk pemain belia tersebut.Bukan hanya uang muka terbesar, United juga meyakinkan kepada Birmingham bahwa gelandang itu akan menjadi bagian dari skuad tim utama, bukan cadangan atau pemain akademi (Under18).

Sejauh ini, United telah bersedia menawarkan kesepakatan pembelian. Tidak hanya uang muka, melainkan sejumlah bonus jika Bellingham menapaki kesuksesannya di Liga Premier dan Liga Champions. “Untuk itu, United harus memaksa manajemennya untuk menggelontorkan uang lebih banyak untuk pembayaran uang muka. Kalau tidak begitu, bisa saja mereka kalah bersaing dari Dortmund atau Arsenal untuk mendatangkan Bellingham,” tulis ESPN.

Bellingham, yang telah melakukan tur ke pangkalan pelatihan United, Carrington. Ia digadang-gadang menjadi target utama Solskjaer untuk mengisi kekosongan lini tengah setelah ditinggalkan Paul Pogba akibat cedera. Di sisi lain, masa depan Pogba mulai diragukan. Imbas pandemi virus korona makin mengikis harga pasaran pemain bernilai lebih dari GBP 100 juta itu.

Selama musim 2019-2020 bergulir, aksi Bellingham mengesankan. Dia sudah tampil 35 kali dan mencetak 4 gol di musim pertamanya sebagai pemain profesional Divisi Championship. Tapi sayang, aksi memukaunya tak dibarengi dengan prestasi tim. The Blues-julukan Birmingham- masih terpuruk di posisi 16 kasta kedua Liga Inggris tersebut.

Menjadi hal yang maklum jika Pelatih Birmingham Pep Clotet meminta agar Bellingham tetap memperkuat tim hingga musim depan. “Saya sangat bahagia sekarang bahwa Jude masih ada di sini bersama kami. Kami kini hanya ingin fokus bermain, tetapi saya mengerti bahwa akan ada lebih banyak spekulasi ketika pertandingan kembali,” tandasnya. (fin/tgr)

 

 

Komentar

News Feed