oleh

Awas, Covid-19 Masih Mengintai

PRABUMULIH – Sejumlah warga Prabumulih informasinya terpapar Covid-19. Bahkan beberapa warga kini di rawat di rumah sakit yang ada di kota Nanas ini. Salah satu warga Prabumulih terpapar Covid-19 yakni di salah satu Perumahan di Kelurahan Patih Galung, Kecamatan Prabumulih Barat.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Happy Tedjo TS MPH dikonfirmasi tidak menampik hal itu ketika dikonfirmasi.“Iya benar, hasil laporan surveillance ada warga Perumnas di Patih Galung terpapar Covid-19. Tidak perlu resah, patuhi Protokol Kesehatan (Protkes),” ujar Tedjo, sapaan akrabnya, Senin (21/12/2020).

Ia meminta, warga mengawasi warga terpapar Covid-19 tersebut untuk memastikan agar benar-benar menjalankan isolasi mandiri dengan pengawasan petugas kesehatan.“Kalau tanpa gejala atau gejalanya ringan, biasanya isolasi mandiri. Tetapi, kalau sedang dan berat kita evakuasi ke rumah sakit,” bebernya.

Lanjutnya, Covid-19 bukan untuk ditakuti. Tetapi, dilawan agar bisa sembuh. Apabila terpapar, jalani isolasi mandiri di rumah selama dua minggu atau 14 hari.“Tingkatkan imunitas dengan mengkonsumsi makanan bergizi, guna proses penyembuhannya,” sarannya.

Ia pun, tak henti-hentinya agar masyarakat benar-benar patuh terhadap Protkes sebagai salah satu penangkal atau melawan Covid-19.“Patuhi Protkes, wajib pakai masker. Jaga jarak, rutin cuci tangan, dan lain-lainnya. Dengan kepatuhan dan kedisiplinan, kita bisa terhindar dari Covid-19,” pesannya.

Sementara itu, berdasarkan data dihimpun awak media dari keterangan Direktur RSUD, dr Hj Hesti Widyaningsih MM, kalau sejauh ini ada enam pasien terkonfirmasi positif dirawat di ruang isolasi RSUD.“Dari 9 ruang isolasi, kita sediakan guna perawatan pasien Covid-19. 6 diantaranya, terisi dan tengah merawat pasien Covid-19,” jelasnya.

Dia menjelaskan, kalau 6 warga terpapar Covid-19 dan menjalani perawatan tidak hanya dari Prabumulih. Tetapi, dari beberapa kabupaten tetangga.“Perawatan pasien khusus gejala ringan dan sedang. Untuk pasien berat, kita rujuk ke RSMH atau lainnya,” jelasnya.

Sambungnya, 6 pasien Covid-19 dalam proses penyembuhan pasien dirawat intensif petugas medis memang disiagakan guna melakukan perawatan pasien Covid-19.“Memang ada petugas medis khusus kita siagakan guna merawat pasien Covid-19,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed