oleh

Awal Ramadan Masih Tunggu Hasil Hilal, Kemenag Imbau Beribadah di Rumah

-Metropolis-52 views

 

PRABUMULIH – 1 Ramadhan, informasinya jatuh pada 24 April mendatang.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag), Drs H Yeri Taswin MPdI dikonfirmasi tidak menampik hal itu.

“Iya, 1 Ramadhan jatuh 24 April pada Jumat. Tetapi, untuk kepastiannya masih menunggu perhitungan hilal,” ujar Yeri kepada awak media, Rabu (22/4).

Kata dia, perhitungan hilal akan dilakukan Kamis (23/4) oleh Kementrian Agama (Kemenag) bersama Kantor Wilayah (Kanwil). “Informasi kita terima perhitungan hilal, besok (hari ini, red) sekitar jam 5 sore,” sebutnya.

Ungkapnya, kalau hilalnya sudah masuk, malamnya mulai dilaksanakan sholat tarawih dan juga makan sahur. “Sebagai tanda, kalau Jumat telah puasa (1 Ramadhan, red),” terangnya.

Beber Yeri, ramadhan kali memang sedikit berbeda karena ditengah pandemik virus corona atau Covid-19.

“Makanya, Menteri Agama (Menag) melalui Kemenag mengimbau, agar kegiatan beribadah umat muslim ramadan kali ini dilakukan di rumah saja,” jelasnya.

Hal itu dilakukan, untuk memutus mata rantai Covid-19 dan meminimalisir penularannya. “Termasuk, umat muslim di Prabumulih kita imbau melaksanakan ibadah di rumah saja,” pungkasnya.

Senada juga, dibenarkan Ketu Majelis Ulama Indonesia (MUI), H Ali Aman SAg MM kalau 1 Ramadhan jatuh pada Jumat mendatang.

“Tetapi, untuk pastinya kita menunggu perhitungan hilal pemerintah besok. Jika sudah ada kepastian, jelas diumumkan. Jika hilal masuk, artinya kita mulai tarawih. Makan sahur dan puasa, Jumat ini,” tandasnya.

Dalam pelaksanaan ramadhan di tengah pandemik, MUI mendukung kebijakan pemerintah. “Yah, kalau bisa kegiatan beribadah dilakukan di rumah demi kebaikan semuanya,” ujarnya. (03)

 

Komentar

News Feed