oleh

Atasi Sampah Kiriman, Warga Pasang Cerucuk

-Kecamatan-117 views

MAJASARI – Untuk mengantisipasi sampah kiriman diwilayah RW 4 Kelurahan Majasari, pihak kelurahan bersama warga memasang cerucuk dibeberapa titik Sungai Kelekar.

Pemasangan cerucuk berbahan besi galvanis ini, dinilai perlu mengingat untuk wilayah pinggiran kelekar yang ada di RW 4 mulai bersih dari sampah. Itu dikarenakan, warga mulai berlangganan motor sampah dengan membuang sampah ditong yang telah disebar oleh Kelurahan.

“Kalau tidak dipasang cerucuk, banyak sampah yang mengalir ke Sungai besar. Itu sampah dari luar, biasanya terbawa arus kalau hujan,” kata Ketua RT 6 RW 4, Kelurahan Majasari Kecamatan Prabumulih Selatan Gunadi.

Gunadi menuturkan, dengan dipasang cerucuk gotong royong juga lebih mudah dilakukan. Sebab bila hujan, sampah yang dibawa arus tertahan dan mudah diangkut. “Kalau ada yang tertahan mudah diangkat, kalau tidak ada cerucuk sampah kiriman jadi berserakan,” jelasnya.

Ketua RW 4 Yohanes Auri, manambahkan selaku ketua RW siap mendukung penuh program kelurahan, salah satunya dalam mewujudkan Sungai Kelekar bersih.

“Kami RW, ketua RT dn warga sangat mendukung dan selalu siap bergotong royong kapan saja. Apalagi ini hasilnya untuk masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Majasari Inggit Damayanti SE menuturkan pihaknya akan terus berupaya untuk mewujudkan Sungai Kelekar bersih dari sampah.

“Rencana itu juga mau dipasang di satu tempat lagi, tapi sementara yang di wilayah RT 6 sudah dipasang,” tuturnya.

Selain sungai harus steril dari sampah, Inggit berharap agar Kelekar menjadi destinasi wisata kedepannya. “Alhamdulillah untuk pengecatan talud, terus berjalan. Banyak dukungan dari masyarakat,” imbuhnya.

Camat Prabumulih Selatan Sukarno SE, menambahkan upaya yang dilakukan oleh Kelurahan Majasari hendaknya juga diikuti oleh Kelurahan lain. “Prabumulih Selatan ini luas, ada beberapa wilayah dilalui Sungai. Akan percuma bila hanya ilirnya yang bersih sementara ulunya tidak,”tukasnya.(08)

Komentar

News Feed